Besok Sabtu, 2 TPS di Desa Mangkauk Laksanakan Pencoblosan Ulang

oleh -149 views
Bawaslu Banjar Rekomendasikan Dua TPS Lakukan Pencoblosan Ulang, KPU Logistik Belum Tersedia 100 Persen,
Komisioner KPU Banjar M Zain. (foto: dok.koranbanjar.net)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Meski sempat ada keraguan dari KPU Kabupaten Banjar tentang pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di dua TPS Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron, kini KPU Banjar secara resmi menyatakan besok, Sabtu 27 April, akan diadakan PSU.

Dua TPS di Desa Mangkauk yakni TPS 05 dan TPS 11. “Alhamdulillah, untuk penyelenggaraan PSU (di dua TP Desa Mangkauk), besok dapat kita laksanakan,” kata Komisioner KPU Kabupaten Banjar M Zain kepada koranbanjar.net, saat dikonfirmasi via seluler.

Keraguan akan dilaksanakannya PSU, kemarin seperti diungkapkan Zain, karena tidak adanya sebagian jenis surat suara, yang tersedia di KPU Banjar hanya surat suara pemilihan caleg DPRD kabupaten dan provinsi saja.

Namun ternyata meski surat suara belum lengkap, pihak KPU akan tetap melaksanakan PSU mengingat Sabtu 27 April merupakan hari terakhir dilaksanakannya PSU.

Baca juga Bawaslu Banjar Rekomendasikan Dua TPS Lakukan Pencoblosan Ulang, KPU: Logistik Belum Tersedia 100 Persen

Zain menjelaskan, saat ini KPU Banjar sudah mengantongi 4 jenis surat suara, yakni surat suara pemilihan caleg DPR kabupaten, caleg DPR provinsi, DPD, dan pemilihan presiden.

“Saat ini surat suara yang tersedia baru empat jenis, sementara untuk surat suara pemilihan caleg DPR-RI hingga kini belum tersedia, tetapi kami masih menunggu dan mengupayakan ketersediannya di KPU Provinsi Kalsel,” tandasnya.

Zain kembali menegaskan, penyelenggaraan PSU akan tetap terselenggra walaupun nantinya ketersediaan surat suara DPR-RI kemungkinan akan terlambat.

“Ya, besok tetap akan kita selenggarakan. Karena kan besok adalah batas ketentuan terakhir dilaksanakan PSU. Jadi jam 7 sudah akan mulai walaupun nantinya surat suara DPR-RI akan terlambat,” tegasnya.

Sebelumnya, Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete menyatakan, terkait pengamanan pemungutan suara ulang (PSU) di dua TPS di Desa Mengkauk, pihaknya akan melaksanakan pengamanan seperti biasanya.

“Terkait pengamanan PSU, tidak ada pengamanan khusus, kami akan melaksanakan sesuai SOP yang berlaku. Tetapi, kami selalu siaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata Takdir.

Kapolres Banjar mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga suasana tetap aman dan kondusif, serta mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan PSU agar menggunakan hak suaranya. (fia/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan