Bersihkan Drainase Sekumpul, Hilman Harap Warga Tak Buang Sampah Sembarangan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kawasan Jalan Sekumpul Martapura menjadi target pembersihan drainase oleh Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Jumat (7/12/2018). Ini mengingat seringnya terjadi genangan air kala hujan.

Bekerjasama BPK Sekumpul, kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas PUPR Banjar, H Mokhamad Hilman, Camat Martapura Kota serta Lurah Sekumpul.

Kepala Dinas PUPR Banjar mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangka Hari Bakti PU ke-73 2018.

“Ini merupakan kegiatan kedua Dinas PUPR Banjar dalam rangka Hari Bakti PU, setelah sebelumnya melakukan pembongkaran jamban terapung di kawasan Sungai Martapura,” ujar Hilman kepada koranbanjar.net, di sela-sela kegiatan.

Kami, lanjutnya, menerima banyak keluhan masyarakat, khususnya di wilayah Sekumpul yang sering tergenang air jika hujan.

“Adapun tindakan yang kami lakukan membersihkan sampah-sampah di saluran drainase, dan menambah kedalaman drainase yang mulai dangkal,” tuturnya.

Hilman mengaku, kedepannya sudah menyiapkan agenda untuk mengatasi permasalahan saluran air dan macet di kawasan Jalan Sekumpul.

“Dengan ini kita berharap para pedagang dan warga menjaga agar kawasan Sekumpul selalu bersih dari sampah, sehingga tidak ada lagi saluran air yang macet,” harpanya.

Sementara Camat Martapura Kota, Achmad Junaidi, mengapresiasi kegiatan Dinas PUPR ini. “Alhamdulillah, saya selaku Camat Martapura Kota beserta masyarakat Sekumpul sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan kami sangat menanti-nantikan kegiatan seperti ini,” ucap Junaidi.

Junaidi berharap, masyarakat dan pedagang dapat menjaga dan merawat kawasan Sekumpul, agar tidak terjadi lagi macet dan banjir jika hujan.

“Apalagi kita akan menghadapi acara besar, seperti Haul Abah Guru Sekumpul,” jelasnya.

Selanjutnya Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin, juga merasa bersyukur kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Sekumpul, terlebih menurutnya menjelang 100 hari Haul Abah Guru Sekumpul.

“Setelah ini, kami bersama BPK Sekumpul akan mengkoordinasikan dengan masyarakat untuk bersama-sama membersihkan lagi,” katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Sekumpul, agar menjaga drainase di depan halamannya masing-masing agar tidak lagi tersumbat.

Kegiatan ini menjadi tontonan warga dan para pedagang sekitar. Salah satu pedagang di Gang Ridho Sekumpul, Rahmat, mengaku sangat senang kawasan tempat ia berdagang dibersihkan pihak pemerintah.

“Sangat bagus, kami sebagai pedagang sangat senang dengan adanya kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini selalu rutin dilaksanakan. Karena di kawasan ini jika hujan lebat sering banjir.” tutur pedagang sembako ini. (mj-32/dra)