Berkat Kopi dan Telur Herbal, Disnakbun Banjar Menangkan Piala Bergilir

oleh -72 views
Berkat Kopi dan Telur Herbal, Disnakbun Banjar Menangkan Piala Bergilir
Terima piala bergilir, Kepala Disnakbun Banjar Dondit Bekti bersama jajarannya berfoto bersama dengan Sekda Banjar HM Hilman, Selasa (28/8/2019) (foto: hendra/koranbanjar.net)

MARTAPURA, koranbanjar.net – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar keluar sebagai juara terbaik I pada kategori lomba Stan Terbaik Banjar Expo 2019, Selasa (27/8/2019) sore. Pihak Disnakbun Banjar kali ini menampilkan 8 inovasi produk unggulan.

Kategori Stan Terbaik Banjar Expo ini merupakan kategori lomba yang paling bergengsi di antara kategori lainnya, sebab memperebutkan piala bergilir. Dua tahun sebelumnya, kategori ini dimenangkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Banjar 2 tahun berturut-turut.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Dari delapan inovasi itu, kata Kepala Disnakbun Banjar Dondit Bekti, ada dua produk yang paling diunggulkan, yakni Telor Kemangi dari peternakan dan kopi yang diberi nama D`chagat Cafe dari sektor perkebunan.

“Antara kopi dan telur herbal kemangi keduanya bersaing. Kalau diambil persentasenya sama –sama imbang,” ucap Dondit usai menerima piala bergilir Stan Terbaik Banjar Expo 2019.

Baca: Banjar Expo 2019 Ditutup, Sekda Banjar Berpesan Begini

Hasil juara terbaik ini, tutur Dondit, berkat dukungan jajarannya di Disnakbun Banjar. Ia mengaku sudah mempersiapkan sebelumnya agar menjadi yang terbaik, mulai dari menyiapkan kesesuaian tema dan materi-materi yang mengadopsi dari dua sektor tersebut, yakni peternakan dan perkebunan.

“Kita ada 8 inovasi, di antaranya telur herbal kemangi, telur strong, sabun sarai mandi, telur asam urat. Untuk perkebunan termasuk kopi D`chagat Cafe,” katanya.

Ia meyakini, berkat komoditas kopi ini bisa mengangkat Kabupaten Banjar yang notabane-nya sejak dulu kopi Banjar dikenal di mana-mana.

“Kami berharap komoditas kopi ini menjadi ikon, khususnya di Disnakbun, yang dari tiga tahun ini pengembang atau petani yang fokus pada komoditas kopi cukup banyak. Kami sangat optimis kopi ini akan semakin cerah baik budidayanya dan pengolahan hasilnya,” papar Dondit mengakhiri.

Ketua tim penilai Zainuddin mengatakan, stan terbaik dinilai berdasarkan poin penilaian seperti kesesuaian dengan tema ‘Bekerja Bersama dan Berinovasi’. Selain itu, materi yang ditampilkan apakah sesuai dengan SKPD bersangkutan.

“Termasuk yang jadi penilaian adalah pemanfaatan ruang secara baik, keindahan dan perilaku penjaga stan dalam berkomunikasi dan melayani pengunjung,” ucap Zainuddin.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Farid Soufian saat menerima penghargaan sebagai stan terheboh Banjar Expo 2019.
Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Farid Soufian saat menerima penghargaan sebagai stan terheboh Banjar Expo 2019.

Berikut adalah pemenang 5 kategori lomba stan Banjar Expo 2019:

Kategori Kuliner dan Ormas, juara 1 HSM Cafe, juara 2 Tomiyaki dan juara favorit Tim PKK Banjar bersama GOW/DWP Banjar.

Untuk Kategori Lembaga Vertikal/BUMD, juara 1 Bank Kalsel, juara 2 PDAM Intan Banjar, juara 3 Polres Banjar dan harapan 1 PD Baramarta.

Kategori Stan Minimalis diraih Setda Banjar dan sebagai Stan Terheboh adalah Dinas Kominfo dan Persandian Banjar.

Adapun Stan Terbaik, juara 1 Disnakbun Banjar, juara 2 Dinas TPH Banjar, juara 3 Dinas Perpusatakan dan Kearsipan Daerah Banjar, harapan 1 Dinas Kesehatan Banjar, harapan 2 Disperindag Banjar dan harapan 3 Bapenda Banjar. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *