oleh

Berbagai Bidang Dinas PUPR Banjar Capai Target Sesuai Program Bupati

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar saat ini lebih mengoptimalkan program dari berbagai bidangnya demi mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banjar dalam mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

Hal itu terbukti dengan adanya sejumlah pencapaian yang telah dilakukan Dinas PUPR Banjar, khususnya pada peningkatan pembangunan jalan dan sumber daya air serta pelaksanaan program pengahapusan wc apung.

Dikatakan Kepala Dinas PUPR Banjar, Hilman, saat ditemui koranbanjar.net di ruang kerjanya, Senin (13/8) kemarin, sejauh ini, pihaknya telah mencapai target di atas standar pelayanan minimal, yakni di atas 60 persen.

Khusus untuk jalanan, dikatakannya, persentase panjang jaringan jalan dalam kondisi mantap pada tahun 2017 lalu adalah 73,56 persen. Sedangkan jalan dalam kondisi mantap untuk target kinerja di tahun 2018 ini mencapai 73,65 persen. Kemudian, persentase konektivitas jalanan di wilayah Kabupaten Banjar pada tahun 2017 mencapai 97,64 persen, dan pada tahun 2018 sejumlah 98,33 persen.

“Saat ini hanya ada sekitar 1,27 persen jalan di wilayah Kabupaten Banjar yang belum terhubung melalui akses transportasi darat,” ujar Hilman.

Sementara pada bidang sumber daya air, dijelaskannya, persentase luasan pertanian yang terlayani air irigasi memiliki target di tahun 2018 sejumlah 81,92 persen dari pencapaian yang sudah dilaksanakan pada tahun 2017, yaitu 81,89 persen.

Sementara untuk persentase luasan kawasan perkotaan yang terlayani sistem jaringan drainase di tahun 2017, diterangkan Hilman, berjumlah 16,44 persen.  Sedangkan penduduk yang dilayani  berjumlah 54,72 persen. Hal ini termasuk berjalannya pengurangan genangan air di kawasan perkotaan di tahun ini yang mencapai 16,66 persen, sehingga penduduk yang terlayani di perkotaan mencapai 55 persen.

Tak hanya itu,  disampaikannya, untuk target  lainnya, yakni pada bidang cipta karya yang termasuk menjadi misi utama Bupati Banjar, Khalilurrahman, yakni penghapusan 1000 jamban apung, sejak mulai dilaksanakan pada tahun 2016 hingga 2018 ini, sudah lebih dari 50 persen jamban apung telah ditiadakan dan digantikan dengan wc individual dan wc komunal oleh pemerintah.

“Sudah lebih dari 50 persen program penghapusan jamban apung yang disertai dengan pembangunan wc individual telah dilaksanakan,” pungkasnya. (sai/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: