oleh

Berada di Alkah Mahabbah Bagaikan Sedang Berwisata

Lokasi pemakaman atau kuburan mungkin identik dengan horor atau menyeramkan. Terlebih jika lokasinya berada jauh dari permukiman atau terasing. Namun berbeda dengan Komplek Pemakaman, Alkah Mahabbah Taman Firdaus yang berlokasi di Jl Sekumpul Raya, Gunung Ronggeng, Martapura, Kabupaten Banjar. Lokasinya hampir berbaur atau dekat permukiman penduduk, di sana juga tersedia tempat berwisata, seperti rumah makan lesehan yang asri dan nyaman. Seperti apa? Silakan simak tulisan ini.

DENNY SETIAWAN, Martapura

Tadinya, saat akan memasuki Alkah Mahabbah Taman Firdaus di Jl Sekumpul Raya, Kota Martapura, yang tersirat dalam benak saya adalah sebuah kawasan pekuburan yang angker dan menyeramkan. Bila melewati, maka akan terasa suasana dingin menusuk tubuh yang membuat bulu kuduk berdiri.

Akan tetapi, ternyata yang saya perkirakan sangat jauh sekali dari kenyataannya. Alkah Mahabbah Taman Firdaus memiliki jalan lingkungan yang sangat nyaman, mempunyai blok-blok lokasi pemakaman yang teratur, kemudian dihiasi dengan pintu-pintu gerbang yang elok dan warna-warni, bahkan disertai gazebo-gazebo yang bersih dan enak. Sehingga tatkala berada di lokasi pemakaman Alkah Mahabbah Taman Firdaus serasa berada di kawasan wisata.

Baca: Tiap Makhluk Yang Bernyawa Pasti Mati, Alkah Mahabbah Siap Melayani

Alkah Mahabbah Taman Firdaus juga dilengkapi dengan kantin dan rumah makan lesehan, sehingga manakala berada di dua tempat itu seakan tidak berada di lokasi pemakaman atau pekuburan. Kantin yang diberi nama “Kantin Di Atas Angin” adalah sebuah kantin yang berada di tengah kawasan Alkah Mahabbah Taman Firdaus, yang letaknya di bangunan lantai atas. Di sini tersedia tempat nongkrong, lengkap dengan meja dan kursi. Ketika berada di kantin ini, pengunjung dapat menyaksikan Kota Martapura dan sekitarnya dari ketinggian, ditambah dengan deburan angin yang sejuk.

Tidak jauh dari lokasi Kantin Di Atas Angin, tepat di bagian belakang terdapat rumah makan lesehan yang diberi nama “Lesehan Di Atas Bumi.” Di sini terdapat beberapa ruang makan terbuka yang bersih dan nyaman. Suasana di rumah makan lesehan ini semakin lengkap dengan dekorasi yang nyentrik. Di situ terdapat becak yang tergantung, jukung yang tergantung serta berbagai ayunan lainnya. Sehingga menjadi spot-spot menarik bagi pengunjung yang ingin berselfie.

Tidak kalah menariknya, rumah makan lesehan ini juga menyediakan berbagai menu makanan khas Banjar dan Jawa serta beraneka minuman seperti layaknya sebuah restauran. Bukan cuma itu, rumah makan lesehan juga melayani pesanan makanan dan minuman bagi penziarah yang sedang berada di lokasi pemakaman Alkah Mahabbah Taman Firdaus. Supaya makanan dan minuman dapat diantarkan ke tempat, di mana penziarah berada di lokasi pemakaman yang luas tersebut.

“Mereka yang datang ke rumah makan lesehan ini bukan hanya mereka yang berziarah. Tetapi banyak juga yang datang dari orang-orang kantor yang istirahat makan siang. Apalagi kalau hari libur, orang umum banyak yang ke sini,” ungkap Pengelola Alkah Mahabbah Taman Firdaus, H Zani kepada koranbanjar.net.

Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan informasi tentang Alkah Mahabbah maupun tempat “Lesehan Di Atas Bumi” maupun “Kantin Di Atas Angin” dapat langsung datang ke lokasi yang beralamat di Jl Sekumpul Raya, Gunung Ronggeng, Martapura, Kabupaten Banjar, dengan nomor telepon 081349785133 (H Zani).(*)

Alamat lengkap Google Map  klik  DI SINI

Baca juga: Tak Disangka, Di Balik Pengelolaan Alkah Mahabbah, Ternyata Ada Tempat Ini

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: