oleh

Beginilah Pasar Peraih Adipura?

MARTAPURA – Apakah begini pasar yang menjadi salah satu penilaian hingga meraih Adipura bagi Pemerintah Kabupaten Banjar? Pertanyaan itu muncul dari seorang pedagang Pasar Batuah Martapura yang sempat dijumpai wartawan Koran Banjar, akhir pekan tadi.

Hal itu dikemukakan Pedagang yang berjualan di Pasar Batuah Martapura, M Irwan (41).

Bangunan Pasar Batuah Martapura yang menjadi pusat perdagangan di Kota Martapura, khususnya di lantai II Pasar Batuah, kini mengalami kerusakan sangat parah di sana sini. Atapnya banyak bolong, talang airnya juga sudah rusak. Bukan cuma itu, sampah menumpuk di mana-mana, kemudian kawasan itu menebarkan bau pesing yang menyengat.

Para pedagang hanya menggunakan atap terpal, yang rentan dengan musibah kebakaran. “Kalau ada yang buang punting rokok, bisa menyebabkan kebakaran,” ungkap Irwan.

Ditambah dengan talang air yang sudah rusak. Jika hujan turun, maka akan membuat air membanjiri lantai keramik pasar setinggi satu jengkal orang dewasa. Hal itu sangat membuat para pedagang dan pembeli menjadi kesulitan berbelanja.

Dia menambahkan, tangga penyeberangan yang semula ada 14 buah, sekarang sudah tak tersisa lagi.

Hal senada dikemukakan Odah, pedagang lainnya. Petugas selalu menarik iuran harian, namun kebersihan tidak diperhatikan.

Tak hanya sampai di situ, pihak terkait sudah sudah pernah menyurvei ke lokasi tiga kali, namun sampai sekarang tidak ada yang berubah. Odah Odah juga mengungkapkan, setelah pasar dipegang PD, bukannya tambah baik. Tapi pasar malah menjadi tambah kumuh dan pembeli semakin berkurang. Karena kondisi pasar yang semakin kotor dan aroma pesing yang diakibatkan oleh orang yang kencing sembarangan. Dan bahkan ada yang BAB (Buang Air Besar) di depan toko,” ungkapnya polos.

Sementara itu, Pjs Dirut PD Pasar Bauntung Batuah (PBB), Rusdi saat dikonfirmasi menjelaskan, Pasar Batuah memang akan segera diperbaiki, namun menunggu anggaran dari Pemerintah Kabupaten Banjar.

”Untuk melakukan perbaikan pasar, kami harus menunggu anggaran dari Pemerintah Kabupaten Banjar. Pokoknya kami akan perbaiki,” ujar Rusdi.(sen/ray)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: