Baznas

Begini Fakta Kondisi Drainase Sekumpul, PUPR akan Dibuatkan Detail Engineering Design..

  • Bagikan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Genangan air hujan yang terus-menerus menutupi ruas di sejumlah jalan Kelurahan Sekumpul, membuat lembaga dan dinas terkait berpikir keras untuk mengatasi hal tersebut. Oleh sebab itu, sekarang pihak Dinas PUPR dan Kelurahan Sekumpul tengah mempersiapkan Detail Engineering Design untuk mempersiapkan penataan drainase.

“Setalah tahun ini di Sekumpul melaksanakan kegiatan penyusunan DED (Detail Engineering Design), untuk penataan drainase, mudah-mudahan tahun depan bisa berlanjut ke arah kegiatan fisik,” demikian diutarakan Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin kepada koranbanjar.net, belum lama tadi.

Hal tersebut akan bisa berjalan dengan adanya dukungan anggaran dari provinsi dan pusat melalui Bupati KH. Khalilurrahman. Karena Bupati Banjar H Khalilurrahman sudah berkomitmen akan melobi ke Gubernur Kalimantan Selatan, saat menghadiri rapat Lurah se- Kabupaten Banjar yang di laksanakan di halaman Kelurahan Sekumpul.

Dia berharap, penataan drainase tidak hanya di Kelurahan Sekumpul, akan tetapi juga di lakukan di seluruh Kota Martapura secara bertahap.

“Kita dengar tahun ini dibuatkan DED untuk Sekumpul, yakni penataan drainase, kemudian tahun depan di Tanjung Rema Darat,” ucapnya

Hal tersebut tidak lepas dari peran penting masyarakat yang turut mendukung dan ikut berpartisipasi, ketika nanti dilakukan pemetaan dan pelaksanakan penyusunan DED (Detail Engineering Design).

“Ulun pikir masyarakat melihat sendiri ‘lah, kondisi Sekumpul kayapa denga kondisi drainase semraut. Ketika kita mau menata hulu hilirnya, banyu datang di mana terus di taruh di kolam mana, kemudian di hilirnya di mana,” ujarnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi solusi berkelanjutan, kenapa kita mengharapkan berkelanjutan, sebab nanti di titik-titik yang kita rancang tersebut menjadi penampungan semacam embung ‘lah. Rencananya kita pusatkan di ujung Sekumpul berbatasan dengan Tanjung Rema Darat, akan tetapi saat ini masih kita kumpulkan data-datanya,” terang dia.(zdn/sir/kie)

 

  • Bagikan