Baznas Hulu Sungai Selatan Sinergi TP PKK Menggelar Sunatan Massal

  • Bagikan
Bingkisan diberikan kepada peserta sunatan massal, Kamis (11/11/2021). (Sumber Foto: Kominfo Hulu Sungai Selatan/koranbanjar.net)

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersinergi dengan Dinas Kesehatan HSS juga TP PKK HSS melaksanakan sunatan massal, Kamis (11/11/2021)

HULUSUNGAISELATAN,koranbanjar.net – Sunatan atau khitanan merupakan tahapan penting bagi anak laki-laki sebagai bagian dari upaya menyempurnakan ajaran agama, sekaligus meningkatkan kesehatan anak-anak.

Bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis serta mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal.

Sunatan massal ini digelar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Loksado,  Padang Batung dan Telaga Langsat.

Dengan mengusung tema “SELAMAT” (Sunatan Sehat, Lahir Sehat, Bayi Sehat, Melalui Zakat), kegiatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian Hari Jadi ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Wakil Ketua II TP PKK HSS Hj Jauhartati didampingi anggota TP PKK  HSS juga menyerahkan bingkisan secara simbolis berupa pakaian, makanan dan uang tunai bagi peserta yang mengikuti sunatan massal.

Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19 namun antusias masyarakat terlihat dari banyaknya peserta sunatan massal yang ikut serta di 3 kecamatan tersebut.

Kepala Pelaksana Baznas HSS Rizka Yuliani SPd mengatakan, Kecamatan Loksado diikuti sebanyak 23 orang anak, Kecamatan Padang Batung diikuti sebanyak 34 orang anak dan Kecamatan Telaga Langsat diikuti sebanyak 22 orang anak.

Kegiatan sunatan massal yang dilaksanakan Baznas HSS dibantu oleh Puskesmas Loksado, Puskesmas Malinau, Puskesmas Padang Batung, Puskesmas Kaliring serta Puskesmas Telaga Langsat.

Kegiatan ini menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan ketat dengan membuat jadwal bertahap bagi anak yang dikhitan untuk datang, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Sunatan massal ini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan yang baik agar anak-anak tumbuh dengan sehat dan sholeh, sesuai dengan syariat Islam yang mewajibkan khitan bagi setiap muslim,” katanya. (kominfohulusungaiselatan/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *