Baznas HSS Distribusikan Berbagai Bantuan Ramadan 1445 Hijriah

Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor menyerahkan secara simbolis bantuan program dari Baznas. (Foto : Prokopim HSS)

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mencanangkan pendistribusian Program Ramadan 1445 Hijriah, Sabtu (6/4/2024) di depan Sekretariat Baznas, Jalan Kamboja, Kelurahan Kandangan Utara.

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Plt Ketua Baznas Kabupaten HSS Ustaz Mochyar Dahri menerangkan, pada Ramadan 1445 Hijriah ini berbagai bantuan disalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu.

“Insya Allah akan disalurkan pada Sabtu-Minggu, 6 sampai 7 April 2024, dan setelah Ramadan,” jelasnya.

Pertama, santunan dibagikan kepada guru honorer SD dan PAUD. Sebanyak 238 orang mustahik, masing-masing diberikan sebesar Rp 200.000.

Lalu, bagi 415 orang tukang becak dan becak motor, dengan masing-masing diberikan Rp 250.000. Tukang ojek sebanyak 200 orang mustahik, diberikan masing-masing sebesar Rp 250.000.

Baznas Kabupaten HSS membagikan bantuan kepada 740 orang fakir dan miskin, masing-masing diberikan Rp 250.000. Kaum duafa diberikan masing-masing Rp 50.000, dan berbagi 1000 takjil bersama mahasiswa-mahasiswi STAI Darul ulum dan UIN Antasari Banjarmasin.

Lalu, bagi sebanyak 150 orang mualaf dengan bantuan Rp 250.000 per orang.

Sebanyak 140 orang marbut masjid diberikan masing-masing Rp 300.000,

“Seluruh pelaksanaan ini berasal dari dana zakat dan infak yang dipercayaakan para muzaki, munfik, mutasaddiq termasuk dari pengumpulan bersama Kepala daerah, Forkopimda dan Kepala OPD,” terang Guru Mochyar.

Baznas bersinergisitas dengan pihak terkait, untuk menentukan data penerima bantuan.

Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Muhammad Noor mengucapkan terima kasih dan apresiasi, atas program yang telah diselenggarakan Baznas, dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan di bulan suci Ramadan.

“Berzakat merupakan kewajiban umat Islam sebagai wujud rasa syukur, rasa terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT didalam kehidupan kita, dengan berbagai rezeki dan berbagi kebahagiaan, menafkahkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan,” tuturnya.

Sekda mengatakan, Pemkab HSS terus berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk mengurangi angka kemiskinan, khususnya kemiskinan ektrem.

“Ikhtiar itu membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak, termasuk melalui penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah oleh Baznas Kabupaten HSS,” ujarnya.

Muhammad Noor berpesan, dana zakat yang disalurkan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat, serta memberikan keberkahan kepada semua.

(dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *