oleh

Basarnas Banjarmasin dan Kotabaru Gelar Pelatihan SAR Tekhnik Pertolongan di Air

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin dan Basarnas Kotabaru gelar Pelatihan Potensi Sar Tekhnik Pertolongan di Air.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru tersebut, pembukaannya dilakukan di Opration Room Sekretariat Daerah (Setda) setempat, Selasa (2/4).

Menurut Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono, pelatihan Water Rescue yang dilaksanakan tersebut merupakan tugas serta tanggung jawab mereka dan baru pertama kali dilaksanakan di Kotabaru.

Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono menyerahkan plakat kepada Sekda Kotabaru, Said Akhmad saat pembukaan Pelatihan Potensi Sar Tekhnik Pertolongan di Air (foto: icah/koranbanjar.net)

“Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat, khususnya dalam operasi SAR, baik dalam kecelakaan, bencana maupun kondisi yang membahayakan manusia,” ujarnya.

Dalam rangka mengemban amanat Undang-Undang nomor 29 tahun 2014 tentang  pencarian dan pertolongan, katanya, Basarnas memikul beban yang semakin berat dan luas.

“Karena merupakan tugas pokok dan pungsi Basarnas untuk menangani kecelakaan kapal, pesawat udara, kecelakaan penanganan khusus, tanggap darurat bencana serta kondisi yang membahayakan manusia,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Said Akhmad, mengatakan, melalui pelatihan tersebut akan tercipta sumber daya manusia  yang handal dan profesional.

“Sehingga pada saat terjadi kecelakaan, dimana pun  dan kapan pun, dapat mengaplikasikan hasil pelatihan baik ditempat tugas maupun ditempat tinggal masing-masing, apabila ada yang membutuhkan pertolongan,” katanya.

Wilayah perairan di Kotabaru diakui cukup luas dan menjadi urat nadi perekonomian serta aktivitas masyarakat yang berpergian antara pulau, terutama nelayan dan wisatawan.

Pelatihan potensi SAR Tekhnik Pertolongan di Air tersebut diikuti 40 peserta, terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, Organisasi Masyarakat, Organisasi Relawan, serta mahasiswa dan pelajar.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama lima hari, dengan praktek dan memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik pertolongan dipermukaan air, bertempat di pantai Kedambaan, Sarang Tiung.

Acara pembukaan pelatihan tersebut selain dihadiri Sekda Kotabaru, Said Akhmad, juga dihadairi Palaksa Mayor laut (P), Agus Sulistyo, Wakapolres Kotabaru, Kompol Arif Prasetya dan perwakilan dari Dandim 1004 Kotabaru, Kapten Inf Febrian Tody. (cah/ndi)

Komentar

Jangan Lewatkan