oleh

Basarnas Banjarmasin Bantu Penanganan Banjir Di Jakarta

BANJARBARU, koranbanjar.net – Sesuai arahan Basarnas pusat, sebanyak enam personel Basarnas Banjarmasin diberangkatkan, Jumat (3/1/2020) siang ke Jakarta, untuk membantu korban banjir.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Mujiono mengatakan, semua anggota tim rescuer telah dibekali alat perlindungan diri seperti helm safety, life jacket, booties.

“Peralatan rescue seperti tali webbing, carabiner, headlamp, senter, matras, dan throw bag. Serta peralatan medis,” ujarnya dalam siaran pers.

Ia menjelaskan, nantinya personel akan diperbantukan dalam misi kemanusiaan yakni mengevakuasi para korban banjir.

“Karena banjir sudah merendam sebagian besar, Jakarta sejak beberapa waktu lalu. Para personil yang dikirim, kita minta mempersiapkan kondisi fisik yang prima,” katanya.

Dibeberkannya, ketinggian air mencapai satu meter. Bahkan beberapa lokasi, ada yang lebih dari itu.

“Kondisi fisik dan stamina rescuer juga penting untuk diperhatikan, ketika melakukan operasi SAR. Agar kuat dalam menghadapi medan, dan cuaca yang tidak menentu,” imbuhnya.

Personel diberangkatkan, melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

“Ini adalah arahan dari pusat yaitu Kabasarnas kami, diminta untuk mempersiapkan tim untuk dikirim lakukan perbantuan banjir di Jakarta. Kami akan langsung bergabung, dengan tim pusat,” ungkapnya.

Mengenai jumlah personel yang dikirim, sesuai permintaan pihak Basarnas pusat. Karena wilayah kerja Basarnas Banjarmasin cukup luas, sehingga perlu ada tim yang tetap standby.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin Wasino menambahkan, Kantor SAR yang diminta untuk mengirimkan personilnya adalah Kantor SAR Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Mataram, Balikpapan, Bandung, dan Surabaya.

“Personil bantuan tersebut, akan ditempatkan di Jakarta hingga pertengahan Januari. Sebab, diperkiraan cuaca ekstrem terjadi hingga pertengahan bulan,” tandasnya. (ykw/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: