oleh

Baru Diresmikan, TPA Banjarbakula Diapresiasi Presiden

-Nasional-16 views

BANJARBARU, koranbanjar.net – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula di kawasan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, secara langsung diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (7/2/2020).

Dalam kunjungannya pada peresmian itu, presiden juga melakukan penanaman pohon meranti di kawasan TPA.

“Saya mengapresiasi keberadaan TPA yang bisa melibatkan beberapa kabupaten dan kota di Kalsel. Karena itu saya langsung berkunjung ke TPA Regional Banjarbakula ini,” ucap Jokowi dalam sambutannya.

Presiden menilai, pengelolaan sampah bukanlah hal sepele. Sebab, dikatakannya, musibah bisa terjadi akibat ribuan ton sampah yang tidak tertangani dengan baik.

“Seiring bertambahnya jumlah penduduk, penataan TPA perlu ditata dengan baik. Selain itu, perlu memiliki fasilitas dan teknologi modern serta manajemen yang baik,” paparnya.

Acara peresmian itu dirangkai dengan penyerahan hibah dua unit alat berat dari pemerintah untuk operasional pengelolaan sampah di TPA Regional Banjarbakula.

Hibah secara resmi diserahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Seperti diketahui, kunjungan Presiden Jokowi ke Bumi Lambung Mangkurat (julukan Kalsel) kali ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Dijadwalkan, Jokowi akan hadir pada puncak peringatan HPN 2020, di kawasan kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (8/2/2019).

Selain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kehadiran Presiden Jokowi di Kalsel sejak Jumat kemarin itu turut juga disertai Menkopolhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Suharyanto. (ykw/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: