oleh

Banjarbaru Butuh Kemajuan Berbasis Teknologi

ERA MILENIAL merupakan potensi yang sangat besar bagi seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia untuk memajukan atau mengembangkan pembangunan dengan basis teknologi. Lihatlah sekarang, hampir semua kebutuhan masyarakat dilayani dengan sistem aplikasi, bahkan sekadar untuk membeli makanan saja, masyarakat sudah menggunakan jasa ojek online.

Ke depan, masyarakat Kota Banjarbaru sangat membutuhkan pelayanan umum yang berbasis teknologi. Misalnya, sekarang Kota Banjarbaru sudah memiliki destinasi wisata dan UKM khas Kota Banjarbaru. Pemerintah Daerah dapat memfasilitasi UKM tersebut dengan cara menyediakan aplikasi pemesanan produk-produk khas Banjarbaru. Sasaran konsumennya adalah dari luar Kota Banjarbaru. Hal tersebut sudah tentu berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ekonomi rakyat.(*)

Meningkatkan Nilai Jual Produk Asli Pengrajin Banjarbaru

Sebagaimana diketahui, bakul purun merupakan salah satu produk asli pengrajin dari Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. Tadinya produk bakul purun hanya dijual dengan produk yang original tanpa ditambah pernak-pernik lainnya. Harga jualnya pun masih rendah, mungkin hanya Rp5.000 / per buah untuk bakul purun yang berukuran sedang.

Nah nilai jual produk ini tentu dapat ditingkatkan dengan cara memberikan pelatihan ekstra kepada para pengrajin bakul purun. Kalau tadinya pengrajin hanya ahli membikin produk yang original, dengan pelatihan yang khusus, mereka juga dapat diajarkan membuat bakul purun yang dilengkapi dengan pernak-pernik menarik. Misalnya, bakul purun dihiasi dengan manik-manik, dikasih bunga plastik dan lain-lain. Bakul purun yang tadinya seharga Rp5.000, bisa naik menjadi Rp50.000, bahkan lebih.(*)

Komentar