oleh

Banjar Raih WTP Berturut-turut 5 Kali

JAKARTA, KORANBANJAR.NET- Perintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia,  atas prestasinya mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sebanyak 5 kali berturut-turut.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat,” yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perbendaharan Negara (DJPBN) di Dhanapala Auditorium, Kementerian Keuangan Jakarta Pusat,  Kamis (20/09/2018).

Pada Rakernas kali ini, Pemerintah Pusat memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar beserta  92 entitas lain termasuk sejumlah Kementerian  Negara, Lembaga Negara dan Pemerintah Provinsi, Kota / Kabupaten.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku bersyukur setiap tahun pengelolaan keuangan negara dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik atau good governance terus mengalami perbaikan.

“Untuk memperoleh opini WTP tersebut, tak semata-mata ditentukan penyajian laporan keuangan yang memiliki kualitas dan memiliki informasi atau berkecukupan pengungkapan, namun juga harus ditopang efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai,” katanya.

Sri Muyani meminta pemerintah daerah termasuk Kabupaten Banjar  makin meningkatkan kualitas laporan keuangannya.

“Di kesempatan ini saya memberikan apresiasi penghargaan kepada seluruh kementerian lembaga dan pemerintah daerah yang mendapatkan opini terbaik,” ujarnya di hadapan para kepala daerah seluruh Indonesia.

Dia juga berharap pimpinan lembaga dan jajarannya serta pemerintah daerah memiliki komitmen untuk terus memperbaiki tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan negara yang menjadi tanggung jawab dalam rangka terus meningkatkan transparansi akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah.

“Pemerintah daerah yang mendapatkan opini WTP memiliki korelasi dengan kinerja pembangunannya dengan tujuan  menunjang gerakan rakyat, meningkatkan keadilan, mengurangi kemiskinan memperbaiki kualitas sumber daya manusia, mengurangi pengangguran dan mengurangi kesenjangan,”ucapnya

Diketahui Pemerintah Kabupaten Banjar memperoleh pengharhaan karena penilaian pengelolaan keuangannya mendapat opini WTP sejak 2013 hingga 2017. Bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Balangan, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin.

Menurut Sri Mulyani,  pemerintah daerah yang memperoleh penghargaan,  rata-rata kinerjanya dalam beberapa sisi pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Kementerian Negara atau Lembaga dan Pemerintah Daerah yang memperoleh opini WTP atas laporan keuangannya masing-masing. Untuk tahun 2017, K/L yang memperoleh opini WTP meningkat menjadi 79 K/L (73 K/L di tahun 2016), serta Pemerintah Daerah meningkat menjadi 411 Pemda (374 di tahun 2016).

Peningkatan ini merupakan salah satu indikator adanya upaya sungguh-sungguh dari pemerintah untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat untuk mewujudkan mencapai Indonesia yang mandiri dan berdaya saing.

Bupati H Khalilurrahman usai menerima penghargaan menyatakan bersyukur atas raihan prestasi Pemerintah Kabupaten Banjar dalam mengelola keuangan.

“Kita sangat bersyukur dengan perhargaan ini, ini merupakan prestasi Pemerintah Kabupaten Banjar dalam mengelola keuangan,”katanya.

Bupati yang didampingi Sekda Banjar H Nasrunsyah,  Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah,  Ahmad Zuldaini menyatakan penghargaan kepada jajarannya, serta bertekad untuk mempertahankan prestasi opini WTP.

Rakernas kemarin juga dihadiri Mendagri Tjahyo Kumolo dan talkshow yang menghadirkan Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan sejumlah tokoh nasional lain sebagai pembicara.(sai/sir)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: