oleh

Banjar Punya Cara Tingkatkan Ekonomi Warga Sungai Rangas Tengah

MARTAPURA BARAT, koranbanjar.net – Warga Desa Sungai Rangas Tengah Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar mendapatkan pelatihan atau workshop ekonomi kreatif pembuatan kuliner berbahan dasar labu dari Pemerintah Kabupaten (Banjar) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar.
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Disbudpar Banjar, Badiah mengatakan dipilihnya Desa Sungai Rangas Tengah karena labu sangat banyak di sana.

“Selama ini, hasil labu yang melimpah di Desa ini hanya dijual begitu saja tanpa dibuat apa-apa, sehingga harga jualnya tidak begitu bernilai. Ya bisa dibilang harga jual labu ini cukup murah sekali di pasaran,” ujarnya, Kamis (19/3/2020).

Dalam workshop upaya peningkatan ekonomi masyarakat ini, warga Desa Sungai Rangas Tengah diberikan pelatihan berupa pembuatan cendol labu, egg roll labu dan kue pukis labu.

“Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi dalam pengolahan labu agar memiliki nilai jual yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatan para warga,” jelas Badiah.

Ia pun mengharapkan, setelah workshop ini seluruh warga yang berada di Desa Sungai Rangas Tengah dapat mengaplikasikan sehingga mampu meningkatkan pendapatan.

“Kalau sudah diaplikasikan, selain meningkatkan pendapatan warga juga nanti dapat menjadikan desanya menjadi Desa Wisata Kuliner,” harap Kabid Pemasaran Pariwisata. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan