oleh

Banjar Programkan Sensus Penduduk Online

MARTAPURA, koranbanjar.net – Kemajuan teknologi saat ini membuat sesuatu menjadi mudah. Bahkan Kabupaten Banjar pun membuat kemudahan dalam pendataan penduduk secara online.

Tahun 2020, Kabupaten Banjar mempunyai program sensus penduduk secara online dengan menggunakan smartphone.

Demi mensukseskan program, para karyawan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Banjar melakukan pengisian sensus penduduk secara online di website sensus.bps.go.id. Rabu (18/3/2020).

Bahkan, Kepala Diskominfo Banjar, HM Aidil Basith juga ikut berpartisipasi, ia terlihat sibuk melakukan pengisian data keluarga.

“Sebagai warga negara yang baik kita mesti turut serta mensukseskan program pemerintah terutama dalam sensus penduduk 2020,” ujarnya.

Menurut Basith, pengisian data sensus penduduk melalui online ini lebih cepat dan mudah. Selain itu, karena diisi sendiri kesalahan dalam pengisian data dapat diminimalisir.

“Secara umum, pengisian data penduduk secara online cukup mudah, karena sudah ada panduan di website. Saya harap pengisian secara online ini dapat digunakan oleh masyarakat,” harapnya.

Salah satu karyawan Kominfo Banjar, Hamdani merasa pengisian data online ini sangat mudah.

“Kita tinggal menyiapkan kartu keluarga dan buku nikah bagi yang sudah menikah,” jelasnya.

Proses dan tahapan Sensus Penduduk 2020 sendiri dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, secara online dijadwalkan 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Jika masih ada warga yang belum mengisi, maka ada tahap kedua pada Juli, nantinya petugas sensus BPS akan mendatangi rumah warga. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: