Banjar Bentuk Forum Kabupaten Sehat

Rapat teknis Kabupaten Sehat pembentukan Forum Kabupaten Sehat (foto: diskominfo/koranbanjar.net)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kabupaten Banjar bentuk Forum Kabupaten Sehat dalam rangka mewujudkan daerah tersebut menjadi kabupaten yang nyaman bagi warganya.

Kasubbid Pembangunan Manusia dan Masyarakat, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) setempat, Anna Rosida Santi, mengatakan, melalui Bidang Sosial Budaya dan SDM, pihaknya telah menggelar rapat teknis Kabupaten Sehat, beberapa waktu lalu.

“Rapat teknis diselenggarakan terkait progress pengumpulan data dukung untuk penilaian Kabupaten Sehat yang sudah mendekatinya tanggal penilaian,” katanya di Martapura, Rabu (27/2).

Kabupaten Banjar diakui baru pertama kali mengikuti kegiatan Kabupaten Sehat, sehingga tatanan yang diambil hanya dua.

Tatanan tersebut, ujarnya, sebagai Kawasan Permukiman Sarana Prasarana Sehat yang memiliki 60 indikator dan tatanan kedelapan, yakni Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri dengan 38 indikator.

“Progres pengumpulan data dukung yang berhubungan dengan indikator tatanan satu  dan delapan sudah cukup baik. Hal ini dikarenakan dukungan yang dari dinas-dinas terkait dan ditunjang dengan keberadaan Forum Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil rapat, untuk progres SK Pokja desa/kelurahan sehat sudah mulai ada perkembangan.

“Usaha yang dilakukan oleh Pembina Kabupaten Sehat dengan strategi menjembut bola, sudah mulai terlihat. Adapun untuk data dukung, ditargetkan telah masuk ke Sekretariat Pembina Kabupaten Sehat pada 28 Februari mendatang,” tambahnya.

Rapat teknis itu sendiri dihadiri Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Disperkim, DLH, Kominfo serta sejumlah staf Bappeda Litbang. (adv/ndi)

Rusmanadi

Read Previous

Koperasi PBS dan Petani Sawit Kotabaru Ancam Tutup Pabrik PT BLL

Read Next

Pakoopsau II Tinjau Kinerja Lanud Syamsudin Noor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *