Tak Berkategori  

BANGGA! Pegunungan Meratus Jadi Satu-satunya Geopark Pulau Kalimantan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Setelah melalui tahap penilaian yang sangat ketat, akhirnya Pegunungan Mertatus ditetapkan menjadi Geopark Nasional. Penetapan ini dilakukan oleh Menteri Koordinaor Bidang Kemaritiman RI di Geopark Pongkor, Jumat (30/11/2018), bersamaan dengan penetapan Geopark Pongkor, Karangsambung-Karangbolong, Sawahlunto, Silokek, Ngaraisianok-Maninjau, Natuna dan Banyuwangi.

Penetapan ini sekaligus mengukuhkan Pegunungan Meratus menjadi satu-satunya Geopark Nasional yang ada di Kalimantan.

Sertifikat Geopark Nasional Pegunungan Maratus. (Foto: ist/koranbanjar.net)

Sebelumnya, Geopark Meratus ini diusulkan oleh Hanif Faisol Nurofiq, yang pada waktu itu menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan.

Ditemui secara terpisah di sela persiapan kunjungan kerja ke Findlandia, Kepala Dinas Kehutanan, Hanif Faisol Nurofiq, menjelaskan, pengusulan merupakan upaya terpadu kedepan dalam upaya melindungi dan menggunakan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan.

“Namun yang lebih penting adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar Geopark Meratus,” ujar Hanif.

Ditegaskannya, badan pengelola atau apaun namanya yang akan mengelola Geopark Meratus harus bekerja keras agar pada evaluasi penilaian 3 tahun ke depan predikat predikat Geopark Meratus bisa dipertahankan dan bisa meningkat menjadi Geopark Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO. (dshtklsl/dny)