Baznas

Balang Banua juga Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarbaru dengan Menggelar Pameran Lukisan

  • Bagikan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Seperti yang dikatakan oleh Ketua Panitia Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-19, Rahmah Khairita, bahwa rangkaian peringatan hari jadi ini tak hanya dilaksanakan oleh pemerintah kota dan kecamatan tapi juga para komunitas dan kelompok yang ada di Banjarbaru. Memang dibuktikan oleh satu komunitas bernama Komunitas Perupa Banjarbaru, Balang Banua.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-19, Komunitas Perupa Banjarbaru ini mengadakan pameran lukisan yang dilaksanakan mulai 21 April hingga 4 Mei 2018 mendatang, di lantai 1 Q Mall Banjarbaru, tepat di sebelah Cinemaxx.

Ketua Panitia Acara, Muslim Anang Abdullah mengatakan bahwa, acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke-19

“Juga dalam acara ini, disisipkan lomba menggambar, lomba mewarnai dan pada hari-hari selanjutnya akan diisi oleh para anggota komunitas,” ucapnya.

Muslim juga berterima kasih kepada para pendukung dan sponsor, sehingga komunitas ini memiliki wadah untuk mencurahkan karyanya serta bisa menyelenggarakan acara ini.

“Balang banua adalah komunitas perupa yang di dalamnya ada seni lukis dan seni kriya. Jadi, saya berharap jika bapak atau ibu memiliki anak yang hobi melukis dan menggambar, bisa bergabung bersama kami,” tutupnya.

Sedangkan, Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan yang sekaligus membuka acara mengatakan sangat mengapresiasi komunitas yang menjadi wadah dari 25 seniman yang ada di Banjarbaru ini.

“Perlu diketahui, lahirnya Balang Banua ini beriringan dengan lahirnya Kampung Pelangi. Jadi, jika anda melihat Kampung Pelangi maka anda juga akan melihat karya-karya para seniman Balang Banua,” ujarnya.

Jaya menambahkan, seni lukis merupakan bagian dari kesenian dimana ini sangat penting sekali, karena peran kesenian bagi kehidupan itu yaitu sebagai kebutuhan jiwa.

“Karena jiwa kita mebutuhkan keindahan, yang memang fitrah kita sebagai manusia yaitu mencintai keindahan. Karena apa? Karena zat yang menciptakan kita adalah Allah SWT yang Maha Indah,” imbuhnya.

Karena kebutuhan kita akan keindahan itulah maka kita akan merasa bahagia, dan orang bahagia berpikirnya positif, berbuatnya pun baik.

“Kesenian ini bisa mengangkat derajat seseorang. Kesenian juga bisa meningkatkan perekonomian, pemerintah juga sedang menggalakkan ekonomi kreatif yang mana salah satunya adalah seni lukis,” tuturnya.

Jaya menjelaskan bahwa kesenian juga menjadi sebuah warisan. Selain itu, seni juga bisa memacu inovasi dan kreatifitas.

“Saya juga berterima kasih kepada Manajemen Q Mall Banjarbaru, yang selalu mendukung dan menyediakan wadah bagi kegiatan-kegiatan Pemerintah Kota dan para kelompok maupun komunitas di Banjarbaru,” pungkasnya.(ana)

  • Bagikan