BNN

Bacaan Ayat Al Quran saat Sedih, Bisa Jadi Obat Penenang

  • Bagikan

Bacaan Ayat Al Quran saat sedih. Bacaan Al Quran ini bisa jadi obat penenang. Ada salah satu surat yang terdapat di dalam Al Quran yang dapat dibaca ketika hati sedang sedih, yaitu Surat Yusuf.
Dikutip dari unggahan Instagram @zaidulakbar diunggah pada 18 September 2021 lalu, berikut ini keutamaan surat Yusuf.

Koranbanjar.net – “Surat Yusuf disebutkan ulama sebagai surat yang baik dibaca dalam keadaan hati sedang sedih,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Surat Yusuf ini terdiri atas 111 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Dinamakan Surat Yusuf karena titik berat dari isinya mengenai riwayat Nabi Yusuf AS. Riwayat tersebut salah satu di antaranya adalah cerita-cerita gaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat bagi dia, sedang dia sebelum diturunkan surat ini tidak mengetahuinya.

Dari cerita Yusuf ini, Nabi Muhammad SAW mengambil pelajaran-pelajaran yang banyak dan merupakan penghibur terhadap dia dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, surat ini juga mengisahkan Nabi Ya’qub AS yang berpisah dengan anaknya Nabi Yusuf AS.

“Semakin berinteraksi dengan Al-Quran, maka akan menyadari bahwa kebutuhan hati, perasaan, jiwa manusia sudah dibekali Allah SWT dalam Al-Quran,” kata dr. Zaidul Akbar.

Hidup senantiasa silih berganti, ada kalanya cerah dan mendung, ada saatnya perasaan sedih dan senang menghampiri. Namun, ada Al-Quran yang menemani semua perasaan tersebut. Ada Allah SWT yang membersamai kita selalu dan ada akhirat serta surga yang menjadi motivasi terbaik. Kesedihan yang diselimuti dengan keimanan bisa menjadi kekuatan untuk bangkit, bergerak, menjadikan hidup penuh kebaikan dan bermanfaat.

“Tersenyum dan berbahagialah sebab ada Al Quran dan Allah SWT yang senantiasa bersama dan menemani selama hidup di dunia dan akhirat,” ujar dr. Zaidul Akbar.

Qooluu tallaahi tafta’u tazkuru Yuusufa hattaa takuuna haradan aw takuuna minal haalikiin

Artinya: Mereka berkata, “Demi Allah, engkau tidak henti-hentinya mengingat Yusuf, sehingga engkau (mengidap) penyakit berat atau engkau termasuk orang-orang yang akan binasa.” (QS.Yusuf: 85).

Qoola innamaaa ashkuu bassii wa huzniii ilal laahi wa a’lamu minal laahi maa laa ta’lamuun

Artinya: Dia (Yakub) menjawab, “Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui. (QS.Yusuf: 86).

Yaa baniyyaz habuu fatahassasuu miny Yuusufa wa akhiihi wa laa tai’asuu mir rawhil laahi innahuu laa yai’asu mir rawhil laahi illal qawmul kaafiruun

Artinya: Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.” (QS.Yusuf: 87).(suara/Rishna Maulina Pratama)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =