Advertorial

Atasi Inflasi, BI Kalsel Diapresiasi Gubernur

BANJARMASIN – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) Kalsel yang beriringan dengan pemerintah daerah menjadi pelopor berbagai terobosan dalam mengendalikan inflasi.

Apresiasi diutarakan gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Gusti Burhanuddin, pada pertemuan tahunan Bank Indonesia di Kantor Perwakilan BI Kalsel, Banjarmasin, Rabu (5/12/2018).

Menurut gubernur, inflasi Kalsel pada Oktober 2018 tercatat sebesar 2,66 % year on year (y-o-y), lebih rendah dari nasional dan akan dapat mencapai sasarannya pada akhir tahun ini.

“Keberadaan klaster-klaster ketahanan pangan yang dibina BI imenjadi contoh bagi pengembangan pertanian yang layak untuk disebarluaskan” ujarnya.

Dibacakan Burhanuddin, perekonomian Kalsel pada Triwulan III-2018, tumbuh sebesar 5,16% yoy, meningkat dari Triwulan II-2018 yang tumbuh sebesar 4,61% yoy.

Meningkatnya perekonomian Kalsel tidak lepas dari meningkatnya nilai ekspor, termasuk batu bara yang menjadi komoditi ekspor utama Kalsel.

Selain itu, kinerja industri pengolahan yang juga turut menguat menjadi penopang utama peningkatan perekonomian Kalsel, yaitu melalui peningkatan ekspor kelapa sawit seiring produksi TBS dan CPO.

“Meski perkembangan sektor utama memberikan kabar gembira, namun agenda hilirisasi dan pencarian sumber pertumbuhan ekonomi baru masih menjadi agenda kita semua ke depan,” tulis gubernur.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Herawanto, menyatakan, pihaknya akan mendukung perkembangan ekonomi dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dengan terus menguatkan pengembangan klaster ketahanan pangan dan produk unggulan daerah.

“Saat ini terdapat empat klaster yang sedang aktif dilakukan untuk kembangkan perekonomian Kalsel dengan perkuat daya saing sektor UMKM,” katanya.

Di antaranya, sambung Herawanto, klaster padi unggul di Kabupaten Tanah Bumbu, klaster bawang merah di Kabupaten Tapin, klaster ikan air tawar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan klaster ampulung di Kabupaten Hulu Sungai Utara. (banjargroup/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close