ASN Diminta Patuhi Aturan Pajak agar Jadi Panutan Masyarakat

oleh -76 views
Foto bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, dengan Kepala Kanwil Dirjen Pajak Kalselteng, Cucu Supriatna, Kamis (21/2). (foto: ist/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak hanya patuh terhadap peraturan perpajakan, tetapi juga bisa menjadi panutan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel dalam penyerahan Surat Pemberitahunan Tahunan (SPT) pajak penghasilan pribadi 2018, Kamis (21/2/2019).

“ASN harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat untuk terus bersemangat menunaikan kewajiban, yakni membayar pajak,” ujar gubernur.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil Dirjen Pajak Kalselteng, Cucu Supriatna, berharap agar sikap Gubernur Kalsel dapat dijadikan panutan bagi SKPD dan masyarakat dalam tertib membayar pajak serta bisa menyampaikan SPT lebih awal.

“Saya berharap momen ini bisa menjadi panutan bagi SKPD dan masyarakat untuk tertib membayar pajak. SPT tahunan ini, kewajiban seluruh rakyat Indonesia yang sudah mempunyai NPWP,” jelasnya.

Menurut Cucu, tingkat kepatuhan dalam membayar pajak di tahun 2018  mengalami peningkatan yang cukup signifikat, yakni 80 persen dibanding 2017 yang hanya 72 persen.

Sedangkan untuk tingkat kepatuhan di tahun 2019, Cucu mengatakan belum dapat memastikannya, karena pihaknya belum mendapat informasi dari kantor pusat.

“Tapi untuk target penerimaan pajak di 2019 sendiri ada sebesar Rp 15,8 triliun, meningkat sekitar 21 persen dibanding tahun lalu yang hanya Rp 14,6 triliun,” sebutnya.

Tak hanya tingkat kepatuhan, capaian target penerimaan perpajakan juga mengalami peningkatan. Sebelumnya, 2017, mencapai 79 persen, dan di 2018 meningkat 10 persen menjadi 89,1 persen.

“Karena itu, semoga imbauan yang disampaikan gubernur bisa membuat peningkatan capaian pajak menjadi 100 persen,” imbuhnya. (adv/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan