oleh

Asah Kemampuan, Lanal Kotabaru Gelar Latgab Bersama Basarnas Dan BPBD

KOTABARU, koranbanjar.net – Latihan gabungan (Latgab) Operasi SAR dan penanggulangan bencana Alam, sejak Selasa (10/12/21019) kemarin, kali ini Lanal Kotabaru mengadakan latihan di Selat Laut bersama Basarnas dan BPBD Kotabaru.

Latihan gabungan ini dimulai dari bagaimana cara mengevakuasi korban banjir bandang yang berada di darat hingga terseret ke laut. Dan menunjukan bagai mana kesigapan prajurit Lanal, Basarnas dan BPBD Kotabaru dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan terhadap korban.

Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yhudanto, melalui Pimpinan Latihan Dansatgasnya, Kapten Laut (P) Ardian Iwasaki mengatakan, latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan, mengasah kemampuan prajurit Lanal Kotabaru, dan Interoperability antar instansi.

“Agar sewaktu-waktu nanti, bisa siap apabila diperlukan dalam Operasi SAR maupun Penanggulangan Bencana,” katanya kepada Koranbanjar.net Jumat (13/12/2019).

Lanjutnya, dengan pelatihan itu, diharapkan mampu diterapkan dengan kerjasama dan sebagai pembelajaran dari kejadian yang sebelumnya terjadi seperti bencana banjir, laka laut KM Pieces, dan kebakaran di Pulau Sebuku

“Ke depannya latihan ini akan diselenggarakan dengan skala yang lebih besar lagi, yang melibatkan pihak – pihak lain termasuk Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana,” pungkasnya. (cah/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: