BNN

Aplikasi Sistem Keuangan Desa Bakal Diberlakukan Kabupaten Banjar

  • Bagikan
Sosialisasi aplikasi sistem keuangan desa di Kabupaten Banjar. (Sumber Foto: Kominfo Banjar/koranbanjar.net)

Aplikasi Sistem Keuangan desa (Siskeudes) diperkenalkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar melalui online secara daring kepada aparatur desa, Jumt (10/9/2021).

BANJAR,koranbanjar.net – Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Urusan (Kaur) Keuangan beserta Satgas Sistem Keuangan Desa Kecamatan.

Aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Aplikasi ini telah digunakan oleh pemerintah desa yang awalnya masih offline, kemudian setelah berkoordinasi lalu dikembangkan sehingga bisa berjalan online.

BACA:  Imam FPI Kalsel Sesalkan Tindakan Oknum Banser

Berkoordinasi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan dan bekerjasama Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.

Salah satu kelebihan Siskeudes online yaitu memudahkan pemerintah dalam melakukan kompilasi laporan dari desa, tanpa perlu meminta dan menunggu desa untuk mengumpulkan database.

“Sistem ekspor Impor data dengan jumlah 277 desa, tentunya membutuhkan waktu yang lama. Sekarang dengan sistem online dapat dipantau secara realtime melalui server Siskeudes online,” jelas Kepala DPMD Kabupaten Banjar H Syahrialludin.

BACA:  Kewafatan Datu Kelampayan Terjadi di Musim Kemarau yang Diguyur Hujan

Tanpa perlu waktu lama untuk kompilasi laporan desa, serta dapat mempermudah pengawasan dan mitigasi resiko khususnya backup database.
Selain itu telah dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi admin Siskeudes kecamatan pada awal September 2021 lalu.

“Siskeudes online akan mempermudahkan Satgas Siskeudes untuk memantau pengelolaan keuangan desa,” imbuhnya. (kominfobanjar/dya)

(Visited 16 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 16 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *