Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Jelang Idul Adha, Pemkab Kotabaru Sidak Pedagang

Kebutuhan Bahan Pokok di Pasar.(foto:istimewa)

Menjelang hari raya Iduladha 1443 H tahun 2022. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kotabaru, mulai inspeksi mendadak (sidak) meninjau beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional di Desa Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir, dan Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru.

KOTABARU, koranbanjar.net – Peninjauan dilakukan dari beberapa kios dan pasar tradisional, hasilnya ditemukan kebutuhan pokok seperti cabai dan bawang merah mengalami kenaikan harga.

“Dari hasil peninjauan kami dari Pasar Serongga dan Pasar Sengayam yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Paser, harga hampir sama saja malah di Sengayam lebih murah sedikit. Ini berarti, untuk harga kebutuhan pokok menjelang hari raya Iduladha di pasar tradisional masih stabil dan stok barangnya cukup,” ujar Asisten II, Akhmad Rivai, Rabu (22/6/2022).

Ia juga mengatakan, diperkirakan menjelang hari raya idul adha tahun ini tidak ada kenaikan harga kebutuhan pokok yang signifikan, selain cabai dan bawang merah.

Ravai juga menambahkan, kepada para supplier daging ayam agar tetap menjaga kestabilan harga daging ayam, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi hari besar umat islam.

“kami akan terus memantau kebutuhan pokok ini sampai H-1 menjelang hari raya Iduladha tahun ini,” cetusnya.

Kotabaru sendiri sambungnya merupakan sebagai kota inflasi diantara tiga Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. Maka dari itu untuk mendorong peningkatan inflasi daerah.

Diharapkan tahun depan Dinas Pertanian dan SKPD terkait, nantinya bisa memprogramkan apa-apa yang menjadi pendorong kenaikan harga, dan ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat.

“Setelah melakukan peninjauan, harga-harga kebutuhan pokok masih relatif stabil. Jika nanti ada gejolak harga pemerintah akan turun kembali operasi pasar, dan merapatkannya demi menjaga kestabilan harga di daerah kita Kabupaten Kotabaru,” pungkasnya.

Sementara itu, Astuti warga Kotabaru mengharapkan agar harga tidak melonjak naik, terlebih menjelang hari raya idhul adha, apa lagi setelah lebaran pasti banyak masyarakat yang melangsungkan acara pernikahan.

“Semoga aja tidak melonjak naik, seperti daging ayam dan bahan pokok lainya, resah juga kita apa lagi ini mau lebaran Iduladha takutnya pada naik semua ini aja cabai sama bawang udah naik,” tandas Astuti.

(cah/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.