oleh

Antisipasi Banjir! Polres Kotabaru Tanam Pohon Penghijauan

KOTA BARU, koranbanjar.net- Bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan antisipasi terjadinya banjir, Polres Kotabaru gelar penghijauan dengan melakukan penanaman pohon serentak, di lahan kosong Polsek Stagen Kecamatan Pulau Laut Utara pada Jumat (3/1/2020).

Kegiatan penanaman pohon juga mengikuti pelestarian alam agar bisa kembali asri sehat tanpa adanya pencemaran serta dapat mengoptimalkan pengaturan tata air untuk mencegah banjir.

Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin SIK melalui Wakapolres Kotabaru Kompol Doli M Tanjung SIK mengatakan, pelaksanaan penghijauan dengan menanam pohon itu dilakukan secara serentak oleh Kepolisian Republik Indonesia.

“Penanaman pohon itu serentak kita laksanakan, karena merupakan program Kapolri. Menanam pohon sebanyak 800 pohon dari beberapa jenis pohon. Seperti pohon trambesi dan pohon petai,” katanya kepada koranbanjar.net.

Lanjutnya, penghijauan merupakan suatu upaya mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar berfungsi dengan baik untuk mencegah terjadinya Banjir.

“Karena kurangnya pepohonan hijau, maka membuat udara akan mudah tercemar,” kata dia.

Jadi, penghijauan penanaman pohon akan berfungsi sebagai penyangga air hujan yang akan terserap oleh akar pohon dan tidak langsung ke tanah sehingga menghambat terjadinya banjir. (cah/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: