Baznas

Antisipasi Banjir, Ketua DPRD Kalsel Imbau Warga Bangun Rumah Panggung

  • Bagikan
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dr HC H Supian HK. (Foto: Humas DPRD Kalsel)

Mengantisipasi bencana banjir yang dikhawatirkan kembali melanda Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengimbau kepada masyarakat agar membikin rumah panggung.

BANJAR, koranbanjar.net – Hal ini ia ungkapkan saat melakukan peninjauan sekaligus Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) di kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Jum’at lalu.

“Dengan tipe rumah panggung, supaya turunnya air hujan bisa dialirkan dan diserap dengan baik,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, penanaman pohon–pohon di area permukiman dapat membantu penyerapan, apabila debit air mulai meningkat.

BACA:  Lestarikan Cagar Budaya, Komisi III DPRD Kalsel Kunjungi Masjid Pusaka di Tabalong

“Ditambah dengan normalisasi sungai–sungai yang ada di kecamatan Sungai tabuk, akan mengurangi resiko terjadinya bencana”, terangnya.

Sementara Camat Sungai Tabuk, Ahmad Rabani mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPRD Kalsel, karena sudah berkenan hadir di kecamatan Sungai tabuk.

Dia berjanji akan mensosialisasikan lebih jauh lagi, perda tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana ini, kepada masyarakatnya di Kecamatan Sungai tabuk, tutupnya.

Adapun sosper ini terkait Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2017, tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana di provinsi Kalsel.

BACA:  11 Pegawai Sekretariat DPRD Kalsel Positif COVID-19

Politisi senior partai Golkar tersebut beranggapan, pemangku kebijakan di level provinsi, kabupaten sampai kecamatan, harus saking bersinergi untuk fokus pada upaya pencegahan.

Pendapat Supian HK, supaya bencana yang pernah melanda di hampir seluruh kabupaten kota Kalsel tersebut tidak terulang kembali di masa mendatang.(yon/sir)

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 2 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *