Angkutan Gratis Dishub Tabalong Kini Miliki Layanan Ramah Disabilitas

Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu memperlihatkan armada ramah disabilitas. (Foto: Arif/Koranbanjar.net)
Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu memperlihatkan armada ramah disabilitas. (Foto: Arif/Koranbanjar.net)

Layanan Angkutan Masyarakat Nyaman dan Gratis (Langsat Manis) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabalong terus berupaya meningkatkan pelayanannya untuk masyarakat.

TABALONG, koranbanjar.net Peningkatan itu dilakukan Dishub Tabalong, salah satunya dengan menyediakan layanan khusus penyandang disabilitas.

Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu mengatakan, ide gagasan pembaharuan layanan tersebut sebagai bentuk pelayanan yang optimal dan maksimal ke seluruh lapisan masyarakat Tabalong.

Utamanya layanan ini kepada golongan masyarakat yang berkebutuhan khusus, sehingga angkutan gratis tidak hanya ingin dirasakan warga Tabalong yang kondisi fisiknya normal, namun juga bisa dirasakan warga yang disabilitas.

“Hal yang mendasar layanan langsat manis ini pengembangannya bisa kita kembangkan lagi, salah satunya menyiapkan fasilitas angkutan untuk disabilitas yang kita gagasan di tahun 2022 ini,” ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Dijelaskan Tumbur, armada yang digunakan khusus penyandang disabilitas ini menggunakan mobil jenis Grand Max yang telah didesain khusus.

Armada dilengkapi dengan tiga kursi roda yang sudah terdapat pengunci rodanya, papan plat besi untuk mempermudah mendorong, safety belt guna keamanan bagi penumpang serta fitur bawaan mobil seperti AC dan lainnya.

“Jadi teknis, penumpang langsung naik kursi rodanya, kemudian dinaikkan kedalam mobil dengan susunan, dua tangah belakang satu, karena unit dimensi kecil jadi hanya tiga saja, dan disamping driver bisa diisi kondektur atau pihak keluarga pendamping,” jelasnya.

Saat ini lanjut Tumbut, layanan disabilitas hanya ada satu unit yang siapkan sehingga kedepan pihaknya dengan bisa mendapatkan bantuan dari CSR PT Adaro Indonesia dengan unit yang sama sehingga fasilitasi angkutan layanan disabilitas akan ditambah kembali.

Rencananya layanan disabilitas ini juga dijadikan sebagai dasar Pemkab Tabalong melalui Dishub Tabalong sebuah inovasi, ide dan gagasan yang diikutsertakan kompetisi tingkat nasional.

“Nanti untuk operasional ini berdasarkan permintaan on request dan nanti pengembangannya di aplikasi langsat manis itu nanti ada tambahan di situ tersedia unit yang untuk disabilitas,” ujarnya.

(anb/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *