oleh

Anggota Panwaslu Banjarbaru Dilantik dan Diambil Sumpahnya, Jaya: Wujudkan Pemilu yang Demokratis

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se Kota Banjarbaru, dilaksanakan hari Jum’at (13/04) lalu yang dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan.

Acara yang dilaksanakan di Aula Gawi Sabarataan ini, diawali dengan ucapan selamat dari Wakil Walikota Banjarbaru kepada seluruh anggota Panwaslu se Kota Banjarbaru. Jaya berharap, seluruh Anggota yang sudah dilantik dan diambil sumpahnya, harus selalu diingat dan dijalankan sebaik-baiknya.

“Saya harap saudara-saudari yang sudah diambil sumpahnya hari ini, dijalankan pada saat bertugas nanti karena sumpah ini adalah janji yang telah mengikat diri pribadi yang juga didengar dan disaksikan bukan hanya kita yang ada disini tapi juga oleh Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa,’’ ucapnya.

Jaya menambahkan, tugas Panwaslu adalah tugas yang besar dan penting karena kesuksesan pemilihan umum juga turut bergantung pada profesionalitas Panwaslu itu sendiri. Maka dari itu, harus mengedepankan integritas, moralitas dan netralitas adalah karakter dari para anggota Panwaslu.

‘’Masyarakat sekarang sudah mulai kritis dan paham akan dinamika politik sehingga merasa pemahaman tentang pemilihan umum mereka  sama, bahkan lebih baik dibandingakan dengan anggota Panwaslu. Dan mereka juga merasa berhak dalam mengkritisi anggota Panwaslu dan menjadi anggota Panwaslu,’’ tambahnya.

Jaya menjelaskan, pemilihan umum akan menjadi wahana penyidikan politik yang baik, apabila seluruh pihak melakukannya dengan baik pula termasuk Panwaslu. Kalau ada pelanggaran segera laporkan sehingga masalah tidak sampai berlarut-larut agar potensi konflik dan sengketanya dapat diminimalisir.

“Wujudkan Pemilu yang demokratis. Tunjukkan dedikasi dan profesionalitas saudara-saudara sehingga dapat melahirkan kepercayaan dari masyarakat. Mengingat tugas dan fungsi Panwaslu cukup berat yaitu mengawasi proses demokrasi, maka dari itu perlu menjalin koordinasi dan kerjasama dari pihak-pihak terkait. Dan bila hal itu dilaksanakan, maka masyarakat bisa merasakan kenyamanan dalam berdemokrasi,” pungkasnya.(mj-04/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: