BNN

Anggota Dewan Balangan Geram, PDAM Timbang Pilih Pasang SR Gratis

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Balangan M Ifdali. (Foto: Fitri/koranbanjar.net)

Dinilai timbang pilih pasang Saluran Rumah (SR ) gratis oleh PDAM Balangan pada Desa 6 Sumber Rejeki Kecamatan Juai mebuat geram wakil rakyat Balangan.

BALANGAN,koranbanjar.net – Penyebabnya sejak tahun 2020 warga masyarakat dijanjikan pemasangan SR gratis yang dianggarkan PDAM Balangan melalui dana CSR perusahaan.

Merasa warganya tidak mendapatkan hak menikmati pelayanan air bersih oleh PDAM Balangan karena sudah dijanjikan dipasangkan SR gratis, Wakil Ketua DPRD Balangan, Ifdali meminta PDAM agar segera merealisasikan janji tersebut.

Bagaimana tidak, dari 435 rumah warga yang dijanjikan dapat pemasangan SR gratis tidak sampai separuh dari warga menerimanya.

“Sebelumnya warga sudah sering melaporkan masalah ini dan secara pribadi sudah saya sampaikan kepada direktur PDAM Balangan agar direalisasikan janji tersebut,” terang Ifdali kepada koranbanjar.net, Kamis (23/09/2021)

Menurut dia, PDAM Balangan saat ini terkesan pilih kasih memprioritaskan warga mana saja yang didahulukan untuk dipasang SR.

“Apalagi ada alat meteran yang sudah terpasang namun tidak bisa difungsikan karena tidak terkoneksi ke pipa induk,” beber anggota dewan dari fraksi PPP Dapil Kecamatan Juai ini.

Menurutnya, Desa Sumber Rejeki ini memang harus diprioritaskan untuk mendapatkan air bersih karena lokasi desanya agak sulit untuk mendapatkan air bersih. Sebelumnya hanya mengandalkan sungai .

Mewakili warga, sekali lagi dia meminta agar PDAM Balangan secepatnya memasang pipa induk PDAM di wilayah Sumber Rejeki dan menyelesaikan pemasangan SR, baik itu berasal dari anggaran bantuan CSR perusahaan maupun dari anggaran PDAM Balangan.

“Kalau masih lama terealisasi, saya selaku anggota DPRD akan memanggil pihak PDAM Balangan dan menanyakan proses pemasangan jalur PDAM di desa Sumber Rejeki,” tegasnya.

Kepala Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai,  Joko Setyono, saat di konfirmasi membenarkan kondisi tersebut dan memang warga masyarakat banyak yang mempertanyakan kapan dipasangkan SR gratis dijanjikan di tahun 2020 lalu.

“Dari 15 RT yang ada di Sumber Rejeki, yg belum terpasang aliran PDAM RT 13,14,15,11,12,7 total belum terpasang, sebagian RT 5, 6, 8 instalasi belum ada. Untuk RT 9 dan 10 instalasi sdh ada tapi sambungan rumah belum ada,” bebernya.

Dari data Total pengajuan SR PDAM ada 453 rumah. Yang sudah tersalur dan dinikmati air bersih sekitar 230 rumah dan belum terpasang ada 223 rumah

Namun warga desa yang sudah dipasang SR saat ini sudah menikmati air bersih yang selama ini warga desa Sumber rejeki kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Dia berharap, janji pemasangan SR gratis melalui bantuan pemkab dan Csr PT Adaro ini bisa terealiasi seluruhnya karna warga desa nya sangat membutuhkan air bersih.

Dikonfirmasi, pihak PDAM Balangan belum bisa memberi keterangan jelas dengan alasan pejabat yang berkompeten menjawab lagi ada kesibukan kantor.

“Direktur dan manajemen PDAM lagi ada acara, nanti disampaikan dan kita carikan datanya ,”jawab Humas PDAM Balangan , Aries Haryadi saat dihubungi koranbanjar.net

Perlu diketahui tahun 2020 lalu ,Pemkab dan  PT Adaro Indonesia menganggarkan pemasangan SR untuk warga Desa Sumber Rejeki dengan dana hampir senilai Rp1,5 miliar.

Anggaran tersebut dimanfaatkan untuk melakukan pemasangan SR pada 435 rumah di Desa Sumber Rejeki. (mj-42/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + three =