Lifestyle

ANDA KOLEKTOR LUKISAN? Seniman Lelang Lukisan untuk Galang Dana Palu

Bekerjasama dengan Yayasan Mengetuk Hati

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Bagi Anda yang suka mengoleksi lukisan atau penyuka lukisan, kini ada kabar menarik. Perkumpulan seniman lukis yang menamakan diri Perupa Banjarbaru beserta sejumlah komunitas seniman lukis lainnya bekerjasama dengan Yayasan Mengetuk Hati (YMH), mulai melakukan lelang lukisan dari seniman-seniman berkaliber nasional hingga internasional.

Lukisan Penari Dayak
Lukisan Penari Dayak

Para komunitas pelukis ini telah menggandeng Yayasan Mengetuk Hati (YMH) beserta koranbanjar.net, untuk melelang lukisan-lukisan mereka. Lelang lukisan ini sebetulnya upaya penggalangan dana untuk membantu para korban bencana seperti Donggala dan Palu Sulawesi Tengah.

Insiatif ini merupakan inspirasi dari Perupa Banjarbaru yang juga tergabung dalam komunitas seniman lukis yang menamakan diri Komunitas Balang Banua. “Alhamdulillah…., sesuai dengan niatnya, kami telah mengumpulkan lukisan-lukisan dari komunitas perupa Banjarbaru untuk dilelang, kemudian sebagian besar hasilnya kami peruntukkan bagi korban bencana di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah,” ungkap salah seorang pentolan Komunitas Balang Banua, Hadi kepada koranbanjar.net.

Lukisan Bertema Religi
Lukisan Bertema Religi

Dia menambahkan, sekarang pihaknya bersama panitia pelaksana penggalangan dana sedang membuat katalog lukisan yang akan dilelang atau dijual. “Lukisan yang sudah terkumpul untuk dilelang berjumlah hampir 30 buah, sedangkan harga lelang bervariasi mulai Rp1.500.000 sampai dengan Rp15.000.000. Lukisan-lukisan yang kami kumpulkan adalah hasil karya pelukis-pelukis profesional, kalau dilelang secara umum bukan untuk kegiatan sosial, tentunya harganya jauh lebih tinggi dari yang akan ditawarkan,” ungkap Hadi.

Dijelaskan, teknis lelang lukisan ini dilakukan melalui tahapan-tahapan. Pertama, membuka order lelang melalui media-media, kedua door to door menawarkan kepada para kolektor, pengusaha atau pejabat yang berminat, ketiga melalui even pameran dan lelang di satu lokasi dengan menjalin kerjasama dengan lembaga berkompeten.

Sementara itu, Direktur YMH yang turut terlibat dalam panitia penggalangan dana, Denny Setiawan menambahkan, pihaknya menyambut baik keinginan para komunitas seniman lukis yang berkenan menjalin kerjasama dengan YMH untuk melakukan penggalangan dana sosial ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada komunitas pelukis yang sudah mempercayai lembaga kami untuk menjadi mitra dalam penggalangan dana sosial ini. Apa pun namanya, terpenting niatnya adalah agar bermanfaat untuk orang banyak,” ungkap Denny.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melihat dan mengetahui lebih detil atau ingin melihat lukisan yang diminati dapat menghubungi kontak telepon / WA Panitia Pelaksana, Hadi ( 0812-5490-3878) atau Denny Setiawan (081348409194). (maf/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close