Anak Sulung Tuan Guru Bangil Wafat

  • Bagikan

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Duka mendalam dan berkabung di Kota Bangil Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur seiring wafatnya anak sulung Tuan Guru Bangil (KH Muhammad Syarwani Abdan Al Banjari) yakni KH Kasyful Anwar yang juga pengelola Pondok Pesantren Datuk Kalampaian di Kota Bangil, Kamis (5/8/2021) sekitar pukul 07.30 Wita.

BANGIL,koranbanjar.net – Kabar duka ini menyelimuti pula bagi warga Kalimantan Selatan, khususnya warga Banjar. Karena, sangat eratnya hubungan antara Tuan Guru Bangil dengan Banjar.

Tuan Guru Bangil merupakan zuriyat ke delapan dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datuk Kalampayan), sedangkan anak sulungnya, dengan demikian tentu zuriyat ke sembilan.

Innalillahi wainailaihirojiun. Telah meninggal dunia KH Kasyful anwar bin KH Syarwani abdan (guru bangil). Semoga beliau husnul khatimah dan mendapat tempat yg mulia disisi Allah swt.

Demikian duka yang disampaikan dan tertulis di laman faceebook Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin SH MH, Kamis (5/8/2021)

BACA:  Kodim 1006 Martapura Laksanakan Vaksinasi Kedua Masal Untuk Masyarakat  

Tuan Guru KH Kasyful Anwar bin Al’alimul Fadhil KH Muhammad Sjarwani Abdan bin H Muhammad Abdan bin H Muhammad Yusuf bin H Muhammad Shalih Siam bin H. Ahmad bin H Muhammad Thahir bin H. Syamsuddin bin Sa’idah binti Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Tuan Guru Kasyful Anwar dilahirkan di Bangil Pasurun Jawa Timur tahun 1944, anak dari perkawinan Tuan Guru Bangil dengan Hj Bintang binti H Abdul Aziz ketika berusia lebih dari 30 tahun.

BACA:  Jenazah COVID Tertukar Gara-gara Nama yang Sama

Hj Bintang masih terhitung keluarga dengan Tuan Guru Bangil, karena Bintang adalah anak paman beliau, yang berarti saudara sepupu.

Perkawinan Tuan Guru Bangil inilah dengan Hj Bintang, memperoleh beberapa orang anak, diantaranya anak pertama KH Kasyful Anwar, disusul Zarkoni, Abdul Basit, Malihah, dan Khalwani.

KH Kasyful Anwar, anak Guru Bangil yang tertua adalah generasi penerus dalam melaksanakan aktivitas pendidikan dan dakwah serta pengelolaan Pondok Pesantren Datu Kalampayan di Kota Bangil hingga sekarang ini.

BACA:  Warga Telaga Langsat Heboh, Sesosok Mayat Tergantung di Pohon

Di samping itu, Tuan Guru Kasyful Anwar tercatat sebagai dosen tetap pada Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. (dya)

(Visited 46 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 46 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *