Anak PAUD Mengenal Binatang di Tahura Sultan Adam

MARTAPURA, KORAN BANJAR.NET – Tahura Sultan Adam telah menjelma menjadi objek wisata alam sekaligus tempat pendidikan luar sekolah yang begitu disukai para pelajar. Mulai dari PAUD sampai pada perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Selatan sering datang ke sini untuk keperluan tersebut.
Karenanya tidak mengherankan jika PAUD Permata Sei Pering Kabupaten Banjar melakukan pelajaran di luar sekolah dengan mengunjungi Tahura.

Anak didik PAUD yang didampingi gurunya ini melihat-lihat koleksi binatang-binatang yang ada di Tahura seperti rusa, beruang madu, binturung, putri malu dan owa-owa. Kunjungan anak PAUD tersebut juga didampingi Petugas dari Tahura Sultan Adam, Maryoto.

Petugas yang ramah ini memberikan pembelajaran singkat tentang binatang yang ada di Tahura Sultan Adam terutama rusa Sambar. Maryoto menceritakan bahwa binatang rusa tersebut dulunya hanya empat ekor namun sampai sekarang sudah berkembang biak menjadi 24 ekor. Masing masing rusa ada namanya. “Ada yang dipanggil Surti, Parto, Rian, dan lain-lain,” ujar Om Mario panggilan akrab petugas penjaga binatang disambut tepuk tangan oleh anak-anak PAUD.

Salah seorang guru PAUD Permata Sei. Pering, Indah Rusmawarni mengatakan pendidikan di luar sekolah ini memang mengambil tema Mengenal Binatang. “Tujuannya agar nantinya anak didik mengetahui bermacam binatang yang sekarang sudah mulai langka,” kata Indah.

Saat ditanya dari mana mengetahui adanya koleksi binatang di Tahura ini, pengajar yang berpenampilan rapi ini mengatakan, dia mengetahuinya dari facebook Dinas Kehutanan Prov. Kalsel dan Facebook Tahura Sultan Adam.
Indah juga mengaku sangat terkesan dan akan terus mengajak anak didiknya kembali ke Tahura Sultan Adam untuk belajar di alam dengan tema berbeda.

Kepala Tahura Sultan Adam Ir. Hj. Sri Wuryati, MS menyatakan rasa bangganya dengan kehadiran anak-anak PAUD yang datang ke Tahura dan akan terus mempromosikan keberadaan Tahura Sultan Adam ke sekolah.
“Tahura tidak akan merasa puas dengan kemajuan seperti saat ini, semoga dari tahun ke tahun fasilitas yang ada akan ditambah dan yang sudah ada akan lebih baik lagi,” katanya. (DishutProvKalsel)