Banjar  

Aman dan Nyaman Jemaah Haul Datu Kalampayan, Polres Banjar Kerahkan Ratusan Personel

Polres Banjar turut mengerahkan personil pengamanan, Senin (15/4/2024) di Masjid Jami Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar. (Sumber Foto: Erick/koranbanjar.net)

Demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah haul ke 218 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan), Polres Banjar turut mengerahkan personil pengamanan, Senin (15/4/2024) di Masjid Jami Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar.

BANJAR, koranbanjar.net – Meskipun di pagi hari pukul 06.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita, tidak menyurutkan antusias jemaah yang hadir dari segala penjuru Kalimantan bahkan dari luar Pulau Kalimantan.

Sekitar pukul 09.00 Wita acara dibuka dengan pembacaan maulid habsy dan bacaan ayat suci Al Quran, terlihat ribuan jemaah khusuk mengikuti rangkaian kegiatan haul, hingga manakib singkat Datu Kelampayan yang dibacakan oleh Tuan Guru Wildan Salman.

Salah satu jamaah haul Hj.Fauziah sempat terkejut melihat banyaknya jemaah yang hadir hari ini.

“Tahun ini jemaah yang hadir lebih banyak dibandingkan tahun lalu, dan alhamdulilah rombongan kami masih bisa masuk ke kawasan pusat kegiatan haul,” ucapnya.

Senada apa yang disampaikan oleh Hj. Fauziah, Kapolres Banjar AKBP M.Ifan Hariyat melalui Kasi Humas Polres Banjar AKP Suwarji juga mengatakan, jumlah jemaah haul yang hadir di acara puncak diperkirakan mencapai puluhan ribu.

“Berdasarkan informasi dari Koordinator Lapangan  atau Korlap) haul, jumlah jemaah yang datang di puncak pelaksanaan haul ke 218 Datu Kelampayan mencapai sekitar 25.000,” jelasnya.

Tapi, itu baru berdasarkan jumlah kantong parkir yang disediakan di Desa Telok Selong, Kecamatan Martapura Barat, dan Desa Akar Baru Kecamatan Martapura Timur.

Selain itu, Suwarji menambahkan jumlah personel yang diturunkan dalam acara haul tersebut.

“Dua per tiga kekuatan personel Polres Banjar kami kerahkan, untuk mengamankan haul ke 218 Maulana Syech Muhammad Arsyad Al Banjari, dalam pengamanan juga di back up personel Polda Kalsel dan TNI, serta instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP Kabupaten Banjar, Dinas Kesehatan, BPBD, Damkar, dan relawan yamg jumlahnya ratusan,” sebutnya.

Ia mengucapkan syukur karena kegiatan berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Serta, harapan ke depan, acara haul ini tetap bisa dilaksanakan setiap tahun.

“Jemaah yang hadir dari tahun ke tahun makin bertambah dan harapan kita ke depan, perlunya penataan kembali akses jalan dan lokasi parkir yang lebih memadai,” tutupnya. (mj-44/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *