AdvertorialKota Banjarmasin

Akhirnya PM Noor Ditetapkan Menjadi Pahlawan Nasional

JAKARTA, KORANBANJAR.NET – Pemerintah, para pejuang veteran, hingga masyarakat Kalsel, nampaknya patut berbangga karena almarhum Ir Pangeran H Muhammad Noor, atau yang lebih dikenal dengan nama PM Noor, ditetapkan menjadi salah satu pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 123/TK/Tahun 2018, yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada  tanggal 6 November 2018.

Penyerahan piagam gelar pahlawan nasional untuk enam tokoh pahlawan yang salah satunya adalah Gelar Pahlawan Nasional untuk PM Noor ini, diserahkan langsung oleh Presiden RI Jokowi kepada seorang ahli waris Almarhum PM Noor, Gusti Firdauzy Noor, yang merupakan seorang cucu dari Almarhum PM Noor sendiri.

Prosesi pemberian gelar Pahlawan Nasional Indonesia ini dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, pukul 13.00 WIB, Kamis (8/11). Dengan adanya gelar ini, maka PM Noor menjadi seorang Pahlawan Nasional Indonesia ke empat dari Kalsel setelah Pangeran Antasari, Brigjen TNI (Purn) H Hasan Basri, dan Dr KH Idham Chalid.

BACA JUGA  Convexy Hirangputih Luncurkan Brand HPcloting

Usai menerima SK dari Presiden RI Joko Widodo, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang ikut berhadir di Istana Negara mendampingi Gusti Firdauzy Noor, mengaku bersyukur atas keputusan pemerintah pusat yang telah menetapkan PM Noor menjadi salah satu pahlawan nasional.

“Alhamdulillah, atas nama keluarga besar PM Noor serta masyarakat dan pemerinyah daerah, saya mengucapkan syukur atas penganugerahan Pahlawan Nasional  Pangeran H Muhammad Noor ini. Ini merupakan bukti penghargaan dari perhatian pemerintah terhadap para pejuang dan tokoh bangsa,” ucap gubernur.

Paman Birin –sapaan akrab Gubernur Kalsel– menuturkan, dengan adanya gelar ini, maka PM Noor menjadi seorang Pahlawan Nasional Indonesia ke empat dari Kalsel setelah Pangeran Antasari, Brigjen TNI (Purn) H Hasan Basri, dan Dr KH Idham Chalid.

BACA JUGA  Diduga Akibat Pengaruh Alkohol, Pemuda ini Terjatuh dari Motornya

“Dengan gelar pahlawan nasional kepada PM Noor ini, yang penganugerahannya telah diterima oleh cucu almarhum, maka sudah ada empat putra terbaik Kalsel yang telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional,” tuturnya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dengan Cucu PM Noor, Gusti Firdauzy Noor, memegang bersama gelar Pahlawan Nasional Indonesia untuk PM Noor.

Dirinya juga mengatakan, penganugerahan pahlawan nasional untuk PM Noor yang telah lama dinantikan pemerintah daerah beserta masyarakat Kalsel sangat ini, merupakan gelar pahlawan yang sangat layak diberikan oleh pemerintah pusat, mengingat perjuangan dan jasa dari Alamarhum PM Noor untuk negara sangat luar biasa.

“Beliau –PM Noor– merupakan salah satu tokoh pejuang dalam merebut  kemerdekaan Indonesia. Selain itu, di era Presiden Soekarno, PM Noor pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum RI serta pernah menjadi Gubernur Kalimantan yang pertama,” kata Paman Birin.

BACA JUGA  Basarnas Lakukan Pelatihan Gabungan

Di saat yang bersamaan, selain PM Noor dari Kalsel, Presiden Jokowi  juga memberikan gelar Pahlawan Nasional Indonesia kepada lima tokoh dari provinsi lain, yakni Abdurahman Baswedan dari DI Yogyakarta, Agung Hajjah Andi Depu dari Sulawesi Barat, Depati Aimir dari Bangka Belitung, Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah,  dan Brigjen  KH Syam’un dari Banten.

 Sebelum ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia, enam tokoh daerah tersebut telah diseleksi bersama tokoh-tokoh daerah lainnya oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) di Kementerian Sosial RI, dan kemudian diajukan ke Presiden RI, hingga terpilihlah enam nama Pahlawan Nasional Indonesia tahun 2018. (banjargroup/dny)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close