Tak Berkategori  

Akhirnya Penghuni Rumah Singgah Banjarbaru asal Kota Bima Dipulangkan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarbaru, Masjudin Noor memastikan, seorang penghuni Rumah Singgah Berkarakter Kota Banjarbaru, Herman, akan segera berkumpul bersama keluarganya di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini diungkapkan Masjudin Noor saat akan memulangkan Herman ke kampung halamannya melalui Bandara Syamsudin Noor, Rabu (28/11/2018).

Diceritakan Masjudin Noor, sebelum dihunikan di rumah singgah milik Dinsos Banjabrbaru itu, Herman awalnya diantar ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum dengan identitas Mr X, karena tak ada seorangpun yang mengenali identitas dirinya.

Herman mulai dihunikan di Rumah Singgah Berkarakter, Jalan Kaca Piring, Loktabat, Banjarbaru, setelah kondisi kejiwaannya mulai nampak stabil, usai menjalani perawatan di RSJ Sambang Lihum selama bertahun-tahun.

“Di sana (rumah singgah, Red), Herman mendapatkan pengobatan, rehabilitasi dan perawatan sesuai dengan SOP yang juga berlaku di RSJ Sambang Lihum. Selama beberapa bulan di rumah singgah, kondisi Herman semakin membaik. Bahkan, ia mampu kembali berkomunikasi dan bercerita tentang asal-usulnya. Sampai akhirnya Herman punya keinginan untuk pulang kampung ke Bima,” cerita Masjudin Noor.

Dari hasil komunikasi yang dilakukan oleh Dinsos Banjarbaru, pihak Dinsos Nusa Tenggara Barat menyatakan siap menerima dan mengantar Herman sampai ke kampung halamannya.

Menurut Koordinator Rumah Singgah Berkarakter Banjarbaru, Mulyadi, dari 23 orang penderita gangguan psikis yang dihunikan di rumah singgah, pihaknya sudah berhasil memulangkan 19 orang (termasuk Herman, Red) penghuni yang dianggap telah pulih.

Mulyadi berharap, pengobatan bagi pasien yang baru dipulangkan dari rumah singgah, tetap harus dilanjutkan oleh pihak keluarganya agar kondisi kejiwaan dari pasien yang bersangkutan dapat semakin membaik. (ren/dny)