Berita Utama

Ada Kekurangan Surat Suara di TPS Banjarbaru, Ketua KPU Sebut 3 Sebab

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Terjadinya kekurangan surat suara pada sejumlah TPS di wilayah Kota Banjarbaru saat pencoblosan siang tadi, Rabu (17/4/2019), dikatakan Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat, dikarenakan oleh beberapa kemungkinan penyebab.

Kemungkinan penyebab pertama, jelas hegar, kekurangan surat suara terjadi karena memang antusiasme pemilih di Banjarbaru tinggi.

Kemudian, kemungkinan lainnya disebabkan karena banyaknya warga pindahan yang menjadi pemilih di Banjarbaru.

Pria yang akrab disapa Hegar itu mencatat pemilih pindahan di Banjarbaru dalam pemilu serentak tahun ini berjumlah 3.399 orang.

Kemungkinan terakhir, menurut Hegar, disebabkan karena banyaknya jumlah pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau pemilih yang menggunakan e-KTP.

“Sedangkan surat suara yang ada hanya untuk surat suara yang terdaftar dalam pemilih DPT tambah 2 persen. Dengan kondisi seperti itu sehingga surat suara yang di lapangan tidak mencukupi untuk mengcover antusiasme dari tiga jenis pemilih,” jelasnya saat dikonfirmasi koranbanjar.net melelaui telepon.

Hegar menyangkal kekurangan surat suara disebabkan karena kesalahan penghitungan atau karena kesalahan data dari KPU Banjarabaru.

“Cuma persoalannya pemilih DPTb atau tambahan pindahan tidak mendapatkan pembagian surat suara, jadi dia dilarang untuk memakai surat suara dari DPT,” terangnya.

Di menambahkan, pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), tidak bisa dipindahkan ke TPS lain. Solusinya, petugas di TPS hanya boleh mencarikan surat suara lebih di TPS terdekat untuk dimasukkan ke pemilih TPS yang kekurangan surat suara.

“Tapi untuk pemilih yang menggunakan e-KTP, dia bisa pindah mencari TPS yang masih ada kelebihan surat suara. Ke depannya permasalahan seperti ini harus dapat dipertimbangkan kembali agar bisa diakomodir,” pungkasnya.

Diberitakan koranbanjar.net sebelumnya, kekurangan surat suara di antaranya terjadi di TPS 01, Jalan A Yani Kilometer 25, Kelurahan Landasan Ulin Timur  Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, siang tadi.

Kabar lain, salah satu TPS yang juga berada di Landasan Ulin Timur, juga mengalami kekurangan seratus lebih suara suara untuk pemilihan presiden. Akibatnya, banyak pemilih yang tidak bisa memberikan hak pillihnya kepada kedua paslon presiden di TPS tersebut.

Kendati demikian, proses pencoblosan di dua TPS tersebut terpantau aman dan kondusif. (ykw/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close