Kalsel  

Acil Odah Berbagi Paket Sembako di Desa Pulau Sari

Acil Odah berbagi keceriaan dan semangat Ramadan dalam rangkaian kegiatan Bakti Sosial Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 dan Safari Ramadan 1445 H, Rabu (3/4/2024) di Desa Pulau Sari. (Sumbre Foto: Adpim setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Semarak Ramadan terasa semakin kental di Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, dengan kehadiran Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kalsel pada Rabu (3/4/2024) pagi.

TANAHLAUT, koranbanjar.net – Kedatangan Acil Odah berbagi keceriaan dan semangat Ramadan dalam rangkaian kegiatan Bakti Sosial Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 dan Safari Ramadan 1445 H.

Tiba sekitar pukul 09.00 Wita, Acil Odah disambut meriah dengan iringan hadrah dan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat.

Tanpa menunggu lama, beliau langsung menuju posko pasar murah dan meninjau kegiatan tersebut, di sana Acil Odah tidak sekadar meninjau, namun juga turun tangan langsung membagikan paket sembako kepada warga dan paket kepada anak-anak.

Senyum bahagia terpancar di wajah warga saat menerima bantuan dari Acil Odah.

Kebahagiaan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang menerima paket sembako. Acil Odah juga meninjau pelaksanaan sunatan massal yang diadakan untuk membantu keluarga kurang mampu.

Dalam Sambutannya, Acil Odah memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman atas beragam inovasinya, khususnya dalam mendukung program-program TP PKK.

Ia melihat banyak terobosan baru yang digagas oleh Pj. Bupati dan optimis kedepannya akan ada banyak tantangan baru seiring dengan status Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN).

“Ini semua tentu harus dihadapi dengan sinergi dan kolaborasi yang solid, dipimpin oleh sosok yang paham dan mumpuni,” jelas Acil Odah.

Lebih lanjut, Acil Odah menegaskan bahwa fokus utama TP PKK adalah keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat.

“Kalau keluarganya baik, maka Insya Allah masyarakat akan baik. Kalau keluarganya berdaya, maka secara keseluruhan masyarakat akan mampu berdaya,” ujar Acil Odah.

Kegiatan di Tanah Laut merupakan bagian dari rangkaian Safari Ramadan yang telah dilaksanakan di 5 kabupaten di Kalimantan Selatan, yaitu Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Barito Kuala, Tabalong, dan Tanah Laut.

Masyarakat di setiap daerah yang dikunjungi merasa bersyukur dan terbantu dengan berbagai program dan bantuan yang diberikan TP PKK Kalsel.

“Tujuannya untuk bersilaturahmi, kemudian kegiatan ini juga merupakan program kerja TP PKK Kalsel yang juga merupakan even tahunan khususnya di bulan Ramadan dan bertepatan dengan hari kesatuan gerak,” jelas Acil Odah.

Beliau berharap sinergi dan kolaborasi antara TP PKK Kalsel dengan stakeholder terkait dapat terus terjalin dengan baik untuk keberlanjutan program-program pemberdayaan masyarakat.

Acil Odah juga berpesan agar dilakukan terobosan-terobosan yang sifatnya edukasi untuk anak-anak.

“Kita harus berusaha mencegah kekerasan anak dalam rumah tangga, kemudian kita juga harus membentuk karakter anak supaya saat dewasa betul-betul menjadi generasi unggul bekarakter dan berdaya saing,” pesan Acil Odah.

Penanaman karakter ini, menurut Acil Odah, harus dilakukan sejak dini dengan pola asuh yang baik dan didikan agama yang baik.

“Dengan begitu, niscaya kelak akan jadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa,” harap Acil Odah.

Terakhir, Acil Odah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang beruntung secara ekonomi.

“Berharap kegiatan ini berkelanjutan supaya masyarakat dapat terbantu terutama pada masyarakat kurang beruntung secara ekonomi, sebagai bantuan juga wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat,” tutup Acil Odah.

“Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan,” pesan Acil Odah di akhir sambutannya.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis yaitu bantuan tumbuh kembang anak dalam program pola asuh anak dan remaja untuk mewujudkan Provinsi Layak Anak (Provila).

Kegiatan itu turut dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPD terkait lingkup provinsi Kalsel, PJ Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman dan PJ TP PKK Kabupaten Tanah Laut, Rizki Yulia Syamsir Rahman serta jajaran dan pengurus TP PKK Kalsel dan TP PKK Kabupaten Tanah Laut. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *