9 Makanan Khas Kalimantan Selatan Siap Manjakan Lidahmu

  • Bagikan

Para wisatawan pecinta kuliner jika berkunjung ke Banua, salah satu hal yang paling dicari yaitu nikmatnya makanan khas Kalimantan Selatan.

Berbagai ragam makanan urang banjar ini, siap memanjakan lidahmu hingga tak mau berpaling ke lain hati.

Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan khas pertama yang paling dicari wisatawan. Perbedaan soto ini terletak pada resepnya, yaitu memakai cengkih dan kapulaga. Direbus, tidak dihalus tetapi hanya diambil sarinya saja. Bahkan, soto ini sering memakai kayu manis.

Bahan utamanya, daging ayam disuir dengan ukuran kecil-kecil kemudian dilengkapi perkedel, telur dan daun sop, serta bawang goreng. Makanan ini biasa disantap menggunakan lontong atau ketupat.

Nasi Kuning

Nasi kuning berada diposisi kedua, yang paling diminati. Nasi ini menggunakan beras banjar, yang terkenal dengan tekstur atau ciri khasnya yang berbeda dengan beras jawa. Jika beras jawa memiliki tekstur pulen, maka beras banjar sebaliknya.

Orek tempe dan segala macam lauk seperti ayam, telur, ikan haruan dan lain-lain. Didampingi bumbu habang (merah) yang dapat menggugah rasa. Adapun, serundeng gurih sebagai pelengkap.

Cacapan Asam

Makanan ini merupakan asinan khas Banjar yang sering dinikmati dengan ikan. Rasanya yang asam dan pedas bakal bikin kamu lahap menyantap.

Bahan dasarnya berupa cabai rawit, asam jawa, bawang merah dan terasi bakar sebagai bumbu tersebut. Jika disantap dengan nasi panas, makin membuat perutmu keroncongan.

Ketupat Kandangan

Makanan jenis ini jika dilihat sepintas memang sama seperti makanan pada umumnya. Namun, yang membedakan yaitu cara memakannya. Ketupat kandangan disantap menggunakan tangan.

Selain itu, isian ketupat diisi dengan potongan ikan haruan atau ikan gabus asap. Kuahnya yang sangat kental, menjadi ciri khas makanan ini karena terbuat dari santan dan rempah-rempah lainnya.

Apam Barabai

Kue ini terbuat dari tepung beras, gula merah atau gula putih dan santan kelapa serta juga dilengkapi dengan tape singkong. Teksturnya yang lembut, membuat rasanya semakin menggoda.

Ikan Patin Gangan Asam

Makanan ini memiliki bahan utama ikan patin, yang diolah dengan berbagai sayuran segar seperti kacang panjang, mentimun dan sayur kol. Kemudian, sambal acan menjadi pelengkap dari makanan khas Banjar tersebut.

Lontong Orari

Tak hanya ketupat kandangan saja yang terkenal, tetapi juga lontong orari.

Lontong sayur ini disajikan bersama lauk bersama lauk seperti ikan gabus, terlur, ayam dengan bumbu habang (merah).

Kuahnya menggunakan santan kelapa dengan sayur nangka rebus dan irisan bawang goreng. Cita rasanya yang manis dan guring bergabung menjadi satu.

Bingka

Bingka merupakan kue populer yang paling diminati karena rasanya yang manis dan gurih.

Berbagai varian rasa seperti original, tape, kentang, pandan, kelapa, nangka, labu, cokelat, keju, dan pisang.

Mandai

Mandai merupakan makanan yang terbuat dari kulit cempedak. Kulit cempedak yang diambil untum diolah, harus diproses fermentasi terlebih dulu sebelum disantap.

Kulit cempedak memiliki tekstur lembut dan berserat membuat lidahmu bergoyang menikmati rasanya yang lezat.

Kata orang, rasanya seperti daging lho…
Mandai, bisa digoreng maupun dibumbu dan lain-lain. Tergantung selera masing-masing.

Makanan di atas hanya sebagian dari berbagai jenis makanan khas Banjarmasin. Jangan lupa ya kamu cicipin! (ykw)

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *