Ketinggian Banjir Bervariasi di Kabupaten Banjar

Sedikitnya sepuluh kecamatan di Kabupaten Banjar terendam banjir, dengan ketinggian air bervariasi dari setiap kecamatan.

BANJAR,koranbanjar.net – Beberapa desa di Kabupaten Banjar yang terendam banjir, diantaranya di Kecamatan Sungai Pinang, Pengaron, Simpang Empat, Astambul, Mataraman, Martapura Kota, Martapura Timur, Martapura Barat, Karang Intan dan Kecamatan Sungai Tabuk.

Ketinggian yang cukup parah terjadi di Kecamatan Sungai Pinang dan Pengaron.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Irwan Kumar, Senin ( 11/1/2021 ) mengatakan, kondisi banjir ini, berkenaan dengan curah hujan tinggi.

“Serta kondisi ketinggian air di gunung daerah Pengaron dan Mengkauk juga meninggi,” katanya.

Kondisi air yang terus meninggi karena curah hujan tinggi akan berlangsung hingga akhir Januari 2021, berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kondisi banjir di Rantau Nangka sesuai tangkapan layar (foto atas). Rendaman banjir di Jingah Habang (foto bawah)
Kondisi banjir di Rantau Nangka Sungai Pinang sesuai tangkapan layar (foto atas). Rendaman banjir di Jingah Habang Karang Intan (foto bawah)

Informasi yang diterima koranbanjar.net dari warga Pengaron, ketinggian air sudah parah hampir mencapai plafon dan atap rumah warga di Desa Rantau Nangka Sungai Pinang.

“Rantau Nangka tinggi airnya demikian malah mulai Belimbing sudah siang tadi begitu kedalaman air,” ujar warga yang tak disebutkan namanya.

Ditambahkan dia, warga Desa Sungai Raya Kecamatan Simpang Empat beraktivitas menggunakan perahu. “Pakai lanting di Sungai Raya,” imbuhnya. (dya)