832 Ribu Surat Suara Tiba di HSU

oleh -73 views
(foto: ilustrasi/net)
Ketua KPU HSU, Rina Mei Saputri (foto: leon/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Sekitar 832 ribu surat suara untuk Pemilu serentak 17 April mendatang, tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Menurut Ketua KPU HSU, Rina Mei Saputri di Banjarmasin, Senin (18/3), surat suara tersebut dikirim dari percetakan di Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada 13 Maret lalu.

“Dari Solo dikirim ke Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dan dikirim lagi ke Banjarmasin pada 15 Maret lalu melalui jalur laut,” ujarnya.

Ribuan surat suara untuk HSU tersebut tiba di pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada 16 Maret lalu sekitar pukul 24.00 Wita.

Ia mengatakan, dengan pengawalan Polres dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) HSU, surat suara dikirim ke gudang logistik KPU HSU di Kota Amuntai.

“Selama di pelabuhan Trisakti, kontainer yang membawa surat suara diawasi oleh satuan Keamanan Polisi Laut (KPL),” katanya.

Pengiriman surat suara untuk HSU beberapa kali mengalami penundaan. Semula dijadwalkan pengiriman pada 22 Februari namun batal dan dijadwalkan pada 7 Maret, namun kembali batal.

Ia menambahkan, dengan kedatangan surat suara tersebut bukan berarti tugas KPU selesai, karena masih ada beberapa kegiatan lagi yang harus dilakukan.

“Setelah surat suara tiba di gudang logistik, akan dilaksanakan penyortiran dan pelipatan, pengepakan dan pengesetan, sampai dengan pendistribusian ke Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tambahnya.

Untuk menghindari kemungkinan tertukarnya surat suara antar Daerah Pemilihan (Dapil), KPU HSU akan memperketat pengawasan pada saat proses penyortiran dan pelipatan serta saat pengepakan dan pengesetan. (al/ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan