70 Anggota PPS Pulau Laut Utara Ikuti ToT Pengawasan TPS

Training of Trainers (ToT) Pengawasan TPS se-Kecamatan Pulau Laut Utara diikuti 70 anggota PPS (foto: icah/koranbanjar.net)

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – 70 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Kotabaru, ikuti Training of Trainers (ToT) Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Pulau Laut Utara, Jum’at (29/3).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotabaru, M Erwan dalam kegiatan tersebut mengatakan, dalam mengawasi proses Pemilu mereka membutuhkan bantuan dan dukungan banyak pihak.

“Karena itu, kami mengajak segenap masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan pada setiap tahapan Pemilu,” katanya.

(foto: icah/kotanbanjar.net)

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam Pemilu tidak sekedar datang dan memilih, tetapi juga melakukan pengawasan terhadap potensi adanya kecurangan.

“Bila menemukan indikasi kecurangan, langsung laporkan kepada Bawaslu sebagai lembanga yang bertugas mengawasi proses Pemilu,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan terlibat dalam pengawasan Pemilu secara langsung, masyarakat  dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi.

“Sejatinya, baik penyelenggara, pengawas, pemantau, peserta Pemilu dan sejumlah pihak yang terkait, dapat belajar berperan sesuai latar belakang masing-masing,” tambahnya.

Secara tidak langsung, semua pihak yang terlibat belajar tentang penyelenggaraan Pemilu dan semua prosesnya.

Kegiatan training yang dilaksanakan di kantor Bawaslu Kotabaru di Desa Semayap tersebut, dihadiri juga Komisioner Bawaslu Kotabaru, Andi Arif Saidi dan Rudiansyah. (cah/ndi)

Rusmanadi

Read Previous

Pemprov Upayakan Perekonomian Tak Bergantung pada Pertambangan

Read Next

7.918 Hektar Ekosistem Lahan Gambut di Kalsel Berhasil Direstorasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *