,

7 Ruko Terbakar di Kalimantan Barat, Satu Orang Terjebak Api Hingga Tewas

oleh -1.518 views
KEBAKARAN HEBAT - Peristiwa kebakaran terjadi di Singkawang, Kalimantan Barat. Satu korban dilaporkan tewas. (foto:borneso24/koranbanjar.net)

Kebakaran hebat terjadi di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Jumat (19/02/2021). Tujuh rumah toko ruko) ludes terbakar, dan satu pemilik ruko terjebak dalam kobaran api hingga tewas mengenaskan.

KALBAR, koranbanjar.net – Kebakaran hebat yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB itu masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat. Saksi mata, Wahyu mengatakan, saat kejadian dia sedang bertugas di salah satu bank yang berada tepat di depan ruko yang terbakar.

“Saat kejadian saya sedang jaga malam. Dan melihat kabut, di mana awalnya saya kira embun. Setelah itu saya melihat salah satu pemilik ruko mengeluarkan motor, dari situ saya sadar terjadi kebakaran di situ,” katanya.

Menyadari akan terjadinya kebakaran, dia langsung meminta bantuan ke orang yang berada di dalam ATM. “Saya minta bantuan kepada warga yang sedang berada di ATM, dan kurang lebih 5 menit pemadam kebakaran berdatangan dan berupaya memadamkan api,” terangnya.

Sementara seorang pemadam kebakaran dari BPKS Pasar Kulor, Hendra mengatakan, dalam kejadian ini ada seorang pemilik ruko yang meninggal dunia lantaran terjebak di dalam ruko.

“Ada korban satu orang. Saat kita memadamkan api kita mencoba membantu mengeluarkan korban yang terjebak lantaran pingsan. Lalu korban kita bawa ke rumah sakit. Kurang lebih 10 menit kita mendapat informasi korban meninggal dunia,” katanya.

Sementara Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie langsung meninjau lokasi kebakaran dan korban di Rumah Sakit Vincentius.

“Saya prihatin dan turut berduka cita atas meninggalnya satu orang akibat kebakaran ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, mengingat ini adalah musibah yang tidak bisa dihindari,” kata Tjhai Chui Mie.

Dia berharap, pihak kepolisian bisa dengan segera mencari penyebab kebakaran. Dengan begitu akan menjadikan masyarakat Singkawang bisa lebih berhati-hati.

“Artinya berhati-hatilah dalam segala hal yang dapat menyebabkan kebakaran, apalagi kejadiannya di saat kita sedang beristirahat,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Singkawang AKP Tri Prasetya kepada wartawan, Jumat pagi membenarkan adanya seorang korban yang tewas dalam insiden tersebut. “Iya benar, ada seorang penghuni tewas. Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan,” terang Tri.

Satu di antara petugas pemadam kebakaran swasta, Hendra menerangkan, mendapat laporan warga terjadinya kebakaran sekitar pukul 02.00 WIB. Saat tiba di lokasi, api sudah membakar tiga ruko. “Kami dapat laporan sekitar pukul 02.00 WIB. Sekitar pukul 03.00 WIB tiba di lokasi, dan sudah ada tiga ruko terbakar,” ucap Hendra.

Menurut Hendra, saat proses pemadaman, pihaknya mendapati seorang penghuni yang masih terjebak di dalam bangunan. Setelah dikeluarkan, langsung dibawa ke rumah sakit. “Tak lama, dalam perjalanan ke rumah sakit kita mendapat informasi korban meninggal,” ungkap Hendra.(B24/sir)

 

 

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan