Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

7 Manfaat Masker Kopi, Salah Satunya Bantu Mencegah Penuaan Dini

  • Bagikan
Ilustrasi kopi bubuk. (Pixabay)
Ilustrasi kopi bubuk. (Pixabay)

Selain diminum, rupanya kopi juga dapat diolah menjadi masker yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

Koranbanjar.net – Kandungan antioksidan,  kafein dan beberapa zat lain di dalamnya, membuat masker kopi baik untuk kesehatan kulit wajah. Bahkan, masker kopi dipecaya mampu mencegah munculnya tanda penuaan, loh!

7 manfaat masker kopi untuk wajah

1. Mengatasi pori-pori tersumbat

Masker kopi berpadu dengan minyak zaitun rupanya ampuh untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang kerap kali tersumbat.

Cara membuat masker kopi ini, pertama campurkan biji kopi yang telah ditumbuh dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1.

Oleskan masker kopi secara menyeluruh sambil memijatnya searah jarum jam. Diamkan masker kopi selama 15-60 menit. Kemudian basuh dengan air hangat. Ulangi pemakaian masker kopi 3 kali seminggu.

2. Menyamarkan bekas jerawat

Bekas jerawat seringkali menghiasi wajah dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah untuk mengatasinya, gunakan masker kopi secara berkala.

Untuk hasil yang lebih maksimal, tambahkan madu saat menggunakan masker kopi. Jerawat memang kerap meninggalkan noda hitam yang menyebalkan.

3. Membuat wajah nampak lebih muda

Kandungan antioksidan pada kopi dipercaya mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat memicu tanda penuaan cepat muncul.

Selain itu, antioksidan juga ampuh mencegah penurunan kadar kolagen yang memicu produksi elastin akibat kulit wajah mengendur.

4. Menghilangkan minyak berlebih

Butiran bubuk kopi dipercaya mampu mengeluarkan kotoran yang membuat pori-pori tersumbat sehingga membuat wajah lebih kusam.

Dengan menggunakan masker kopi, minyak berlebih dapat terangkat dan kulit terlihat lebih segar.

5. Mengatasi mata panda

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi, rupanya efektif untuk merangsang aliran darah pada wajah sehingga memperlebar pembuluh darah.

Dengan begini, kulit wajah termasuk area mata akan menjadi lebih kencang dan mengurangi mata panda akibat lelah.

6. Menghaluskan kulit wajah

Sel kulit mati yang tidak diangkat akan membuat kulit wajah terasa lebih kasar. Untungnya, ada masker kopi yang dapat mengatasinya.

Caranya, cukup oleskan masker kopi secara merata dan lakukan secara berkala. Setelah itu, rasakan manfaat masker kopi untuk menghaluskan wajah.

7. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat kulit wajah terbakar karena sinar ultraviolet. Oleh karena itu, gunakan masker kopi untuk melindunginya.

Sisa ampas kopi dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, khususnya sinar UVB. (suara/Hillary Sekar Pawestri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *