oleh

4960 Peserta Ikuti Baayun Maulid Di Tapin

RANTAU, koranbanjar.net – Tercatat sebanyak 4960 orang turut serta sebagai peserta “baayun maulid” di Rantau Kabupaten Tapin.

Hari ini Ummat Muslimin sangat bergembira, karena pada 12 Rabiul Awwal ini adalah hari lahirnya penutup Para Nabi, Baginda Muhammad SAW.

Pada 12 Rabiul Awwal ini biasanya para umat muslim merayakan Maulidurrasul untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tak terkecuali muslim di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Pasalnya, di Masjid Al Mukarramah, Desa Banua Halat Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin, mengadakan Baayun Maulid, Sabtu (9/11/2019).

Tokoh Budaya Tapin, Ibnu Mas’ud menjelaskan, gelaran ini diikuti 4960 peserta yang terdiri dari berbagai daerah di Indonesia, “ada yang dari Bali, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Ibnu juga menjelaskan kalau acara ini rutin setiap Tahun pada Bulan Maulid (Rabiul Awwal). Ia juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tapin juga berkontribusi dengan memberikan pengamanan dari Polres dan Dandim maupun Dishub Tapin.

“Pemerintah Tapin juga mendukung dan mengapresiasi dengan acara ini,” tuturnya.

Salah seorang peserta Baayun Maulid, Aminah, warga Provinsi Kalimantan Barat menjelaskan, melalui Baayun Maulid ini bisa memenuhi nadzar kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Melalui Baayun ini bisa mengabulkan doa kita dengan izin Allah,” simpulnya.

Gelaran ini di tutup dengan doa dan makan bersama para undangan dan peserta. (mj-27/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan