4 Kabupaten Belum Penuhi Kategori Layak Anak

oleh -54 views
4 Kabupaten Belum Penuhi Kategori Layak Anak
Kepala Dinas Pemberdaya Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Provinai Kalsel Husnul Khatimah. (foto: agus/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Kepala Dinas Pemberdaya Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Provinsi Kalsel Husnul Khatimah mengatakan, dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel masih ada 4 kabupaten yang belum memenuhi kategori layak anak.

“Empat kabupatennya ialah Batola, Tapin, Hulu Sungai Tengah, dan Kotabaru,” kata Husnul Khatimah di sela peringatan Hari Anak, lomba inovasi dan kreatifitas forum anak daerah, serta pengukuhan bunda paud dan anggota forum anak daerah (FAD) Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila, Sabtu (21/9/2019).

Meski demikian, Kalsel telah mendapatkan penghargaan sebagai pembina terbaik forum daerah dan penggerak kota layak anak.

“Kita tetap berupaya agar 4 kabupaten yang belum tadi tetap di dorong, diberikan semangat, dan dukungan, agar mereka nantinya dapat masuk mendapatkan penghargaan kota layak anak itu,” ujar Husnul.

Lebih lanjut ia menjelaskan, menjadi provinsi layak anak memang tidak mudah. Namun, Pemerintah Kalsel sejauh ini terus berupaya mendukung setiap kabupaten/kota meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan anak.

“Jadi kekurangan yang didapat saat ini masih dapat dikejar, sebab saat penilaian mandiri sebenarnya telah memenuhi poin yang ditargetkan menjadi kota layak anak, tapi setelah ke diverifikasi ke lapangan nilainya tidak memenuhi 500,” ujarnya.

Dikatakan, untuk mencapai target kota layak anak setiap Kabupaten/Kota diminta untuk memenuhi poin 500.

“Poinnya harus mencapai 500 dan itu sudah terpenuhi. Jadi tidak masuknya beberapa kabupaten tersebut karena mungkin ada kendala sehingga poin-poin atau indikatornya turun, padahal kurangnya sedikit saja 20 atau sekitar 40,” pungkasnya. (ags/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan