Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

4 Aplikasi Absensi Karyawan Online Terbaik saat Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi absensi fingerprint. (Sumber foto: nextgov.com)

Aplikasi absensi karyawan online sangat berguna untuk memonitor jam kerja karyawan dan mensinkronisasikannya. Secara tidak langsung ini akan membuat karyawan lebih produktif dalam pekerjaan mereka.

Tidak perlu membeli mesin absensi berukuran besar. Setiap karyawan cukup menginstal aplikasi di ponsel pintar mereka, pun dengan HR yang mengelolanya.

Aplikasi yang terintegrasi secara online bukan konsep baru di dunia pekerjaan. Tetapi hadirnya aplikasi absensi ponsel membuat segalanya semakin fleksibel.

Belum yakin? Coba lihat beberapa manfaat penggunaan aplikasi absensi online berikut:

– Menghasilkan data dan laporan secara real-time
– Penggajian yang lebih akurat berdasar produktivitas karyawan
– Pengingat untuk membatasi waktu lembur
– Menghindari kecurangan pencurian waktu absensi
– Mengatur kebijakan perusahaan

Selanjutnya, Anda bisa memilih dari rekomendasi aplikasi absensi online terbaik untuk ponsel.

Sebelumnya Anda harus bandingkan dulu apa saja keuntungan untuk perusahaan dan karyawan. Sebab nantinya kedua pihak akan melihat antarmuka yang berbeda.

1. Talenta

Aplikasi absensi karyawan online asal Indonesia ini tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Ini adalah cara paling efisien untuk mengelola seluruh proses absensi, mulai dari waktu masuk hingga otomatisasi pengelolaannya.

Jauh lebih hemat biaya tanpa perlu mesin absen manual atau fingerprint, tidak ada lagi risiko salah input dan pastinya hemat biaya.

Karyawan hanya tinggal mengetuk layar untuk absen dan slide layar di jam istirahat. Ada pula fitur pengenalan wajah ketika clock in dan clock out untuk mencegah kecurangan dalam absensi karyawan.

Dapatkan live demo-nya supaya tahu persis bagaimana aplikasi Talenta bekerja untuk Anda.

2. Timely

Tracking waktu kerja karyawan dalam satu dasbor terintegrasi ada dalam Timely. Dengan teknologi real-time tracking, performa seorang karyawan dapat dipantau secara langsung.

Anda juga bisa membuat sistem kebijakan sendiri untuk menentukan waktu kerja, istirahat, lembur dan lainnya. Jika ada yang tidak sesuai dengan sistem tersebut, karyawan akan segera mendapat notifikasi.

Selain itu ada pula fitur penggajian bonus lembur hingga peninjauan pekerjaan. Beberapa platform urusan administrasi lain juga bisa diintegrasikan dengan Timely.

3. Hubstaff

Coba trial selama 14 hari untuk merasakan kemudahan sistem absensi online berbasis cloud di aplikasi Hubstaff. Mendukung fitur lokasi GPS, karyawan tidak bisa bolos atau keluyuran di jam kerja.

Pelacakan jam kerja berjalan secara otomatis sesuai konfigurasi perusahaan. Aktivitas juga tetap bisa berjalan ketika offline dan akan kembali disinkronkan ketika ada koneksi internet.

Fitur-fitur penting dari Hubstaff antara lain laporan terperinci, pemantauan produktivitas, geofencing, waktu libur, dan lain-lain.

Untuk paket premium biaya berlangganannya cuma $10 per pengguna tiap bulannya.

4. TimeCamp

Untuk pilihan gratis dengan waktu tidak terbatas, Anda bisa mencoba layanan TimeCamp. Aplikasi pelacakan kehadiran karyawan ini cocok untuk segala macam proyek dan perusahaan.

Selain aplikasi seluler untuk iOS dan Android, ada pula versi desktop dan add-on untuk browser. Tetapi khusus pengguna atau karyawan cuma tersedia aplikasi di HP.

Semua data akan terkirim langsung ke HR dengan sinkronisasi otomatis ketika jaringan online. Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan dan mencetak laporan bulanan atau melacak karyawan secara real-time. (suara.com/ykw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *