oleh

26 PPKD Se-Kecamatan Martapura Kota Resmi Dilantik

MARTAPURA, koranbanjar.net – Sebanyak 26 orang dilantik dalam acara Pelantikan Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PPKD) Se-Kecamatan Martapura Kota di Guest House Sultan Sulaiman, Martapura, Kabupaten Banjar. Senin (16/3/2020).

Tiap satu orang dari 26 orang tersebut akan ditempatkan di setiap kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Martapura Kota.

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Martapura Kota, Jaini mengatakan sebelumnya ada lebih 80 orang yang mendaftar untuk menjadi PPKD dan akhirnya terpilihlah 26 orang ini.

“Sudah sepatutnya mereka berbangga hati karena terpilih sebagai PPKD, namun mereka harus tetap fokus dengan tugas yang akan dihadap,” tuturnya.

Setelah dilantik, nantinya PPKD akan langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pengawasan dalam Verifikasi Faktual (Verfak).

“Sebelum mereka melakukan pengawasan, mereka akan diberikan bimbingan teknis terkait pengawasan,” terang Jaini.

Panwascam sendiri telah memastikan bahwa PPKD yang sudah dilantik bebas dari kedekatan dengan partai politik (parpol) ataupun dengan calon perseorangan.

“Kemarin saat proses kualifikasi, salah satu dari peserta ada terindikasi dan terpaksa kami diskualifikasi,” jelas Panwascam Martapura Kota.

Terkait waktu pelantikan yang tidak dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Banjar, Jaini menjawab mungkin Bawaslu Banjar lagi menghadiri pelantikan di kecamatan lain.

“Saat ini pelantikan PPKD bukan hanya di sini saja, ada beberapa kecamatan yang juga melakukan hal sama. Mungkin Bawaslu menghadiri pelantikan lain,” jawabnya. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan