oleh

2020, PSSI HSS Jaring Atlet Sepakbola Untuk Porprov XI

KANDANGAN, koranbanjar.net Penjaringan atlet cabang olahraga (Cabor) sepakbola untuk Porprov XI 2021 direncanakan dilakukan pada 2020. Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Hulu Sungai Selatan (HSS) upayakan berdayakan pemain asli daerah.

Sebelumnya Bupati HSS Achmad Fikry mengharapkan atlet yang berlaga di Porprov XI semuanya putera-puteri daerah, menanggapi itu Ketua Askab PSSI HSS Mauladiani menyambut positif harapan Bupati tersebut.

“Alhamdulillah, kamipun demikian berpikir seperti itu juga. Artinya putera daerah yang punya potensi, bakat dan keterampilan. Kenapa tidak kita berdayakan,” ucapnya saat ditemui koranbanjar.net usai laga persahabatan Persahabatan Perseka Kandangan melawan PS Kabupaten Tapin di Stadion 2 Desember, Minggu (17/7/2019) lalu.

Mauladiani menegasakan, jika menyewa orang luar belum tentu lebih bagus, pun jika bagus maka orang luar itu yang naik prestasinya. “Jadi lebih baik putera daerah yang prestasinya naik,” ucap Ketua Askab PSSI HSS yang baru terpilih beberapa waktu lalu.

Pihaknya merencanakan penjaringan atlet mulai 2020 mendatang melalui kompetisi. Kompetisi tersebut untuk usia umur tertentu, sebab atlet yang berlaga di Porprov akan dibatasi umur 21 tahun maksimal.

Baca juga: Porprov XI, HSS Dituntut 4 Pencapaian Ini

Baca juga: Bupati Fikry Tak Ingin Ada Atlet Sewaan Membela HSS di Porprov XI

Sekretaris Askab PSSI HSS Eko Endro Wijaya menambahkan, selain ada agenda resmi Askab, ia juga mengungkapkan akan dilakukan penjaringan melalui Kejurkab.

“Ada lagi rencananya festival sepak bola untuk SMP, itu utuk menjaring grassroad atau rumput dan bibit-bbit dari usia dini,” ungkapnya.

Eko menegaskan pihaknya akan fokus mencari atlet daerah. “Kalau yang main tadi (Perseka Kandangan) itu juga sudah putera daerah semua yang diseleksi dari kecamatan perkecamatan,” ujarnya, sambil menunjuk ke tim Perseka Kandangan yang baru selesai bertanding.

Pemberdayaan putera-puteri daerah tersebut juga tertuang dalam visi-misi kepengurusan baru Askab PSSI HSS baru, dengan melakukan program pengembangan sepakbola berkelanjutan, sekaligus membenahi manajemen Askab dan klub-klub dibawahnya. (yat/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: