Baznas

2 Wartawan Gadungan Diamankan Polsek Astambul saat Beraksi Meminta Sumbangan

  • Bagikan

ASTAMBUL – Diduga berprofesi sebagai wartawan gadungan, dua pria asal Banjarmasin, Gusti Irwan Syahputra dan Raihan telah diamankan pihak Mapolsek Astambul, Rabu (14/02) siang. Adapun modus kedua pria tersebut, yakni meminta dana sumbangan untuk disalurkan pada panti-panti yang berada di wilayah Kabupaten Banjar dan Banjarmasin.

Kejadian ini terungkap bermula dari kecurigaan seorang guru SDN 2 Pingaran, Rifky. Saat itu dia mendapati dua orang yang mengaku sebagai wartawan meminta sumbangan ke sekolahnya, namun saat ditanya tentang legalitas perusahaan media yang bernama GEMA BANUA yang berkantor di wilayah Banjarmasin, kedua orang itu tidak bisa menunjukan.

Guru Olah Raga SDN Pingaran ini juga menerangkan, selain tidak ada surat ijin, sebelumnya dia bertanya kepada saudara yang kebetulan wartawan. Diinformasikan, bahwa saudaranya tidak pernah mendengar nama media Gema Banua.

“Dari situ saya mulai curiga, saya coba cari mereka ke sekolah lain, dan saya ketemu petugas Polsek, lalu saya ceritakan. Akhirnya kami cari berdua, ketemunya di Tambak Baru Ilir. Kita tanya-tanya tentang legalitas perusahaan mereka, termasuk web (website) mereka, ternyata kami tidak menemukan,” ujarnya.

Dari informasi yang diperoleh, kedua pria sudah lama menjalankan aksinya, bukan hanya ke lingkungan sekolah, namun juga ke lingkungan kantor desa di Kabupaten Banjar dan Banjarmasin.

“Sudah lama, selain sekolah kita juga pernah ke kantor-kantor desa, kita silaturahim dan meminta sumbangan yang diperuntukan buat panti asuhan,” tutur Gusti Irwan.

Kapolsek Astambul IPTU Sugiyono saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini. Kini kedua pria itu sudah diamankan. Dari tangan mereka ditemukan barang bukti berupa uang Rp330.000 dan beberapa berkas untuk mendukung aksi mereka.

Sugiyono juga menegaskan, bahwa pihaknya telah mengamankan dua lelaki yang diduga melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai wartawan. Kasus itu sekarang di serahkan ke Mapolres Banjar untuk ditangani lebih lanjut.

“Hari ini kami mengamankan dua pria atas nama Gusti Irwan Syahputra dan Raihan, mereka diduga melakukan penipuan dengan cara meminta sumbangan ke sekolah-sekolah, dan mengaku sebagai wartawan. Untuk hasil pemeriksaan, kita belum bisa memastikan. Karena kita telah berkoordinasi ke pihak Polres, dan mereka yang akan menanganinya,” IPTU Sugiyono.(zdn)

 

  • Bagikan